Mohon tunggu...
Nizaul dan Galih
Nizaul dan Galih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nizaul Ngulum F dan Galih Aga L

Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal "Endorsement" dalam Suatu Produk

12 Januari 2022   02:27 Diperbarui: 12 Januari 2022   02:31 461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Apa itu endorsement?

Di era sekarang, kita sering mendengar kata endorsement. Namun apa itu sebenarnya endorse? Endorsement atau biasa kita sebut sebagai endorse adalah metode pemasaran atau iklan yang dalam praktiknya menggunakan tokoh, selebriti atau orang terkenal atau populer yang memiliki koneksi maupun pengaruh terhadap orang banyak, baik itu melalui prestasi, ketenaran, opini maupun peristiwa.

 Biasanya orang yang melakukan endorse adalah mereka yang dikenal oleh orang banyak. Seperti contohnya selebritis atau “selebgram” di aplikasi, youtuber ataupun lain sebagainya. Memang biasanya mereka mematok harga yang tidak murah. Namun, suatu produk mau membayar mereka untuk mempromosikan produknya karena mereka memilki banyak pengikut atau followers dan subscriber di youtube maupun media sosial. Dengan banyaknya pengikut mereka, akan mempengaruhi penjualan produk tersebut.

Hal ini disebabkan karena orang–orang seperti selebriti atau selebgram tersebut dapat mempengaruhi pengikutnya untuk memakai produk tersebut. Selain itu, mekanismenya lebih praktis dan efisien.

Selain itu, pemilik produk juga harus mengerti kepada siapa produknya di endorse. Sebagai contoh, seorang public figure adalah orang yang menjaga badannya tetap bugar dan rutin olahraga serta memberi tips olahraga dan cara menjaga badan. Pastinya produk yang di endorse adalah produk yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti minuman sehat dan sebagainya. Akan sangat tidak mungkin apabila suatu produk menawarkan untuk iklan yang bertolak belakang seperti iklan rokok elektrik dan sebagainya.

Keuntungan dalam melakukan endorse

Biaya yang lebih hemat

Dalam endorsement, pemilik produk tidak perlu lagi mengeluarkan biaya dalam membuat iklan. Pemilik produk hanya tinggal mencari selebritis atau selebgram yang kira-kira dapat meningkatkan produksinya dan membuat kesepakatan harga. Memang ada selebgram yang mematok harga tinggi, namun tidak semua. Apabila membuat suatu iklan biasa, tentu biaya akan selalu tinggi.

Produk lebih mudah dikenal

Ketika suatu produk dipromosikan oleh public figure atau selebgram, produk tersebut tentu akan dikenal oleh lebih banyak orang, karena dipromosikan langsung oleh orang tersebut. Dengan begitu, produk akan  lebih terkenal dan penjualannya semakin meningkat.

Meningkatkan kepercayaan dan followers

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun