Mohon tunggu...
Nizar Risqy Andhreawan
Nizar Risqy Andhreawan Mohon Tunggu... Mount Guide

HA HA HI HI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengalaman dalam Bermedia Sosial

5 Mei 2021   02:04 Diperbarui: 5 Mei 2021   02:05 88 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb

halo teman-teman berjumpa lagi dengan saya dalam artikel saya kali ini. Yang belum kenal dengan saya, saya adalah seorang Mahasiswa Semester 4 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan  Yogyakarta. Bagaimaan kaabrnya teman-teman? semoga tetap sehat walafiat dan  tetap lancar dalam menjalankan aktivitas di bulan suci ramadhan ini. Kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya dalam bermedia sosial dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital yang sudah canggih sekarang ini pasti kalian sudah tidak asing dengan apa itu  media sosial? Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, sebuah proses interaksi user satu dengan user yang lainnya, serta bertujuan untuk mendapatkan sbeuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus yang menggunakan jaringan internet. Agar pengguna media sosial lebih mudah dan cepat harus dibutuhkannya koneksi internet yang stabil dan cepat , di zaman sekarang ini sudah perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional lainnya. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content

Berkembang pesatnya teknologi pada jaman sekarang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, saya sendiri mulai merasakan perkembangan teknologi saat saya duduk di bangku sekolah dasar, pada saat itu maraknya pengguna facebook dan saya sendiri juga masih menggunakan media sosial facebook hingga saat ini. Facebook sendiri di dirikan oleh seorang pemogram komputer dan pengusaha internet yang bernama Mark Elliot Zuckerberg, Facebook berdiri  pada bulan Februari 2004. Jaman saya dulu facebook sudah digunakan untuk saling bertukar kabar dengan seorang kerabat dan pada saat itu sms sudah mulai ditinggalkan, sealin digunakan untuk komunikasi Facebook juga bisa digunakan untuk bermain game online seperti Ninja Saga,Dragon City, dan masih banyak lainnya. Untuk Pengalaman saya sampai sekarang ini dalam menggunakan media sosial Facebook saya bisa menjual atau membeli suatu barang di dalam suatu grup jual beli, dan untuk update berita Facebook juga tidak kalah cepat, akan tetapi tetap berhati-hati menggunakan media sosial Facebook ini sebagai contoh banyak akun-akun palsu yang menyamar menjadi seseorang dan terkadang akun-akun palsu tersebut menggunakan identitas orang lain contihnya engan menggunakan ktp seseorang digunakan untuk kejahatan penipuan.Semakin berkembangnya digital dan internet munculah aplikasi yang bernama Blackberry Masenger (BBM) aplikasi ini pertama kali hanya di gunakan untuk pengguna handphone merek Blackberry dan kemudian bisa digunakan pada handphone jenis android dan ios, saat saya beranjak jenjang smp aplikasi ini sangat di gemari oleh teman-teman saya satu angkatan, karena dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa membuat suatu grup chat untuk bertukar informasi atau bertukar pengumuman yang berkaitan tentang sekolah. Selain digunakan untuk komunikasi  Blackberry Masenger (BBM) bisa digunakan untuk update status pada jaman-jaman alay-alaynya remaja. Selain Blackberry Masenger (BBM) pada waktu itu banyak juga yang terjun ke media sosial yang bernama Twitter, dengan adanya Twitter kita dapat juga ber interaksi dengan seorang public figur atau seorang penulis dengan menulis sebuah komentar positif, terkadang seorang public figur akan merespon komentar anda. Hingga saat ini menurut saya pengguna Twitter semakin banyak untuk digunakan untuk mencari seorang teman online atau bahasa Twitter nya mutualan. Ada juga pengguna Twitter yang akunnya hanya digunakan untuk kebutuhan idoling untuk seorang idol-idol Korea Selatan, dan ada juga akun sebagai seorang buzzer maupun haters.

Media sosial bisa juga digunakan untuk jual beli suatu barang, untuk pengalaman saya dalam menjual atau membeli suatu barang di media sosial sangat berpengaruh di dalam bisnis anda, jika Anda belum memiliki sebuah toko fisik gunakan saja media sosial sebagai lapangan bisnis dengan Anda memposting barang jualan Anda dan menunggu orderan dari pembeli ditambah lagi jika lapak Anda sudah terkenal di dalam media sosial dan mendapatkan banyak rating yang bagus dari pembeli-pembeli sebelumnya itu dapat mengembangkan bisnis anda dan itu sangat menguntungkan bagi Anda sendiri. Akan tetapi perlu diperhatikan dalam membeli suatu barang di media sosial pasti tetap ada oknum penjual yang melakukan penipuan dengan mengambil gambar dagangan orang lain. Dengan Semakin berkembangnya era digital sudah banyak aplikasi-aplikasi online shop dan tentunya aman, sistem aplikasi mereka menggunakan rekber (rekening bersama) dengan pembeli memilih suatu barang di sebuah aplikasi kemudian pembeli mentransfer nominal tersebut kepada pihak aplikasi jika barang sudah sampai ke pembeli pihak aplikasi akan meneruskan uang anda kepada penjual.

Di era pandemi Covid-19 ini media sosial sangat dibutuhkan oleh semua orang, terutama untuk seorang mahasiswa dan pelajar. Dengan adanya media sosial kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar meskipun terkadang terhalang oleh jaringan internet yang kurang stabil dan meskipun juga terkadang kita kelewatan dalam pelajaran atau mata kuliah. Dengan adanya aplikasi seperti Zoom kita bisa menjalankan kegiatan kuliah dengan dosen kita dan kita bisa melihat wajah-wajah teman kita. Untuk pengumpulan atau pemberian tugas biasanya dosen dan mahasiswa menggunakan aplikasi Google Classroom, dengan adanya Google Classroom kita bisa melihat kapan deadline tugas tersebut. Selain dua aplikasi tersebut untuk pengumuman terkait perkuliahan kita menggunakan aplikasi WhatsApp dengan aplikasi chat ini kita bisa menerima informasi langsung dari dosen maupun ketua kelas kita. Aplikasi WhatsApp menurut saya sangat penting digunakan pada era digital saat ini karena kita bisa menelfon atau mengirimkan pesan kepada teman maupun kerabat terdekat, ditambah lagi dengan adanya fitur video call kita bisa langsung melihat wajah teman atau kerabat secara langsung dengan berbekal kuota internet dan penggunaan kuota internet untuk komunikasi menurut pengalaman saya lebih terjangkau dibandingkan dulu dengan menggunakan pulsa.

Selain itu di pandemi Covid-19 ini juga sangat berpengaruh untuk para musisi,girl group, dan idol group dalam konser tour antar kotanya, sehingga mereka terpaksa mengadakan konser online dengan harga tiket relatif murah dibandingkan dengan menonton langsung, saya sendiri sering juga membeli tiket konser-konser idol group yang saya suka. Dengan membeli tiket resmi mereka kita sudah bisa membantu mereka dalam pekerjaan mereka untuk tiket sendiri tidak perlu khawatir jika ingin membayar karena teknologi sekarang sudah canggih dengan menggunakan Internet MObile Bangking, dengan mendaftarkan M-Banking di bank yang kita gunakan kita sudah bisa membayar suatu barang yang kita inginkan dengan adanya M-banking kita sudah tidak perlu keluar rumah untuk transfer ke orang lain, dengan bermodalkan smartphone dan jaringan internet kita sudah dapat bertransaksi ke orang lain. Ditambah lagi dengan adanya aplikasi OVO, GOJEK, dan Dana kita bisa membeli makanan atau minuman di sebuah restoran yang berada di mall-mall di kota besar dan tentu saja dengan adanya aplikasi tersebut kita bisa memutus tali penyebaran Covid-19 yang tidak kunjung selesai di Indonesia ini. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x