Mohon tunggu...
Nizar Revandini Pratama
Nizar Revandini Pratama Mohon Tunggu... MAHASISWA UNUSA

Mahasiswa Unusa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal tentang Mikrobiologi Dasar

25 November 2020   10:18 Diperbarui: 25 November 2020   10:24 41 2 0 Mohon Tunggu...

Selamat Pagi kawan kawan, 

kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan dengan topik kali ini yaitu Mengenal Tentang Mikrobiologi Dasar

Sebelum kita masuk pada materi saya akan mengenalkan tentang sejarah Mikrobiologi.

Sejarah Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan sebuah cabang dari ilmu biologi yang fokus mempelajari mikroorganisme yaitu organisme hidup yang memiliki ukuran tidak dapat dilihat oleh mata biasa,untuk melihat organisme ini perlu membutuhkan bantuan alat yaitu dengan menggunakan mikroskop. 

Penelitian tentang mikrobiologi dimulai sejak ditemukannya mikroskop,ilmu mikrobiologi ini sangat penting dalam biologi setelah ilmuan yang bernama Louis Pasteur dapat menjelaskan atau memaparkan tentang proses fermentasi anggur dan dari hasil penelitiannya ilmuan tersebut berhasi membuat serum Rabies. Nah ,dari sejarah Mikrobiologi kini kita mengetahui betapa pentingnya untuk mempelajari ilmu mikrobiologi.

Pengertian Mikrobiologi 

Mikrobiologi merupakan Ilmu yang mempelajari tentang organisme yang berukuran sangat kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa dan membutuhkan bantuan alat yaitu mikroskop.Organisme yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa pada ilmu mikrobiologi meliputi: bakteri,protozoa,virus,fungi,arachea.

Perkembangan Mikrobiologi

Perkembangan mikrobiologi sangat cepat semenjak ditemukannya mikroskop oleh seorang ilmuan yang bernama Robert Hooke pada tahun 1664,yang telah berhasil menggambarkan struktur dari kapang dengan menggunakan mikroskop temuannya.

Para ilmuan ilmuan lain juga mempelajari tentang mikrobiologi dan menciptakan mikroskop dengan perbesaran lensa 400X yaitu Antonie Van Leeuwenhoek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x