Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... Guru - belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengenal Teknik "Motivational Interviewing" untuk Menangani Perilaku Adiksi Gawai

1 Oktober 2021   08:17 Diperbarui: 1 Oktober 2021   10:32 1359 52 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi seorang anak main gawai | Sumber: DragonImages via lifestyle.kompas.com

Selama kurun waktu 19 bulan ini penggunaan internet atau online meningkat 52℅, dibandingkan penggunaan internet sebelumnya. Disinyalir memunculkan juga perilaku adiksi terhadap internet. Ada sebuah teknik konseling bernama Motivational Interviewing (MI) yang direkomendasikan sebagai awal treatment perilaku adiksi ini. Apakah teknik konseling 'Motivational Interviewing' itu? 

Pandemi dan segala pernak-pernik yang mengikutinya menjadi pemicu lahirnya banyak perilaku, baik positif maupun sebaliknya. 

Perilaku baru yang muncul menjadi sebuah dampak dari gaya hidup yang dilakoni pada masa pandemi ini, salah satunya adalah perilaku menggunakan gawai (internet) yang membentuk pola perilaku adiksi yang dalam konteks ini cenderung negatif. 

Perilaku adiksi yang dimaksud disini adalah memantau, menggunakan gawai sepanjang waktu untuk memberi kepuasan terhadap si individu, dan hal itu berlangsung secara berkelanjutan. 

Perlu dicatat, penggunaan gawai yang dimaksud disini adalah penggunaan gawai dengan tujuan memuaskan diri tanpa batas dan merusak sebagian besar fungsi pada banyak domain si individu tersebut. 

Tentu harus diupayakan sedemikian rupa untuk menangani perilaku adiksi yang akan berpotensi merusak fungsi-fungsi individu tersebut. Konseling digunakan sebagai awal upaya treatment dalam menangani masalah-masalah adiksi tersebut. 

Salah satu metode yang banyak direkomendasikan bagi individu dengan perilaku adiksi pada gawai (internet) adalah teknik konseling dengan menggunakan Motivational Interviewing

Teknik Motivational Interviewing adalah sebuah teknik yang dikembangkan oleh Miller dan yang kemudian dielaborasikan oleh Miller dan Rollnick di tahun 1991.

Mengapa teknik ini direkomendasikan untuk rujukan dalam menangani perilaku adiksi gawai (internet) ? 

Individu yang mengalami adiksi terhadap sesuatu, entah narkoba  gawai, pornografi sering merasa kesulitan untuk meninggalkan  perilaku adiksinya tersebut. Hal itu ditengarai karena minimnya motivasi untuk berubah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan