Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... Guru - belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

3 Prinsip Model Desain Pembelajaran bagi Anak Cerdas Istimewa dengan Analisis "Three Ring of Renzulli"

27 September 2021   19:35 Diperbarui: 28 September 2021   18:16 687 57 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi anak belajar di kelas.| Sumber: Thinkstock via Kompas.com

Three Ring of Renzulli dikemukakan oleh Joseph S. Renzulli, yang ditengarai menjadi dasar penyusunan pendidikan untuk anak-anak dengan kecerdasan istimewa. 

Apakah Anda cukup mengenal istilah giftedness atau yang dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan kata keberbakatan? 

Lebih lanjut istilah giftedness atau anak gifted, disebut sebagai kecerdasan istimewa atau anak cerdas istimewa. Istilah kecerdasan istimewa ini disematkan dengan alasan menjembatani kerancuan istilah berbakat dalam arti bertalenta (individu yang memiliki talenta/kemampuan/keterampilan tertentu). 

Seorang tokoh terkenal yang telah mendalami dunia pendidikan anak cerdas istimewa bernama Joseph S. Renzulli menjelaskan sebuah teori mengenai 3 (tiga) komponen kecerdasan istimewa yang terdapat pada mereka, komponen itu meliputi kapasitas intelegensi yang tinggi, motivasi dan komitmen terhadap kerja yang tinggi, serta kreativitas yang tinggi. 

Tiga komponen tersebut yang digunakan sebagai tolok ukur analisis dan penegakkan diagnosis psikologis terhadap anak-anak dengan kecerdasan istimewa. Tiga komponen tersebut akhirnya dikenal dengan teori The Three Ring Renzulli. 

Selanjutnya, bertolak dari teori tersebut banyak dihasilkan ide-ide desain pembelajaran atau pendidikan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan anak-anak dengan kecerdasan istimewa ini. 

Apa sih karakter yang paling mencolok dari anak-anak dengan kecerdasan istimewa ini? Beberapa indikasi ini ada pada mereka, misalnya keras kepala (teguh pendirian), kritis, perfeksionis, memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap tugasnya, memiliki kepekaan sosial yang tinggi sehingga tidak jarang dari mereka sangat peduli terhadap kesulitan sesama, dan masih banyak ciri lain. 

Bertolak dari ciri khas kecerdasan istimewa dan teori Three Ring Renzulli maka kita dapat mengembangkan berbagai desain pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar anak-anak cerdas istimewa tersebut. 

Desain pembelajaran yang sesuai diharapkan bisa mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh mereka. Desain tersebut harus dapat memberikan ruang memadai bagi anak-anak yang memiliki karakteristik cerdas istimewa sehingga istilah gifted underachiever bisa diminimalisir bahkan tidak terjadi. 

3 Prinsip yang Menjadi Dasar Desain Pembelajaran Anak Cerdas Istimewa dengan Analisis Teori Three Ring Renzulli

1. Menantang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan