Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

4 Manfaat Ini Bisa Diambil dari Tanaman Padi

21 Juni 2021   12:14 Diperbarui: 21 Juni 2021   12:18 136 25 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Manfaat Ini Bisa Diambil dari Tanaman Padi
Tanaman Padi / Sumber : Bobo. Grid melalui Kompas.com

Banyak peribahasa, yang mengambil tema padi. Salah satu contoh yang populer, belajar dari ilmu padi, kian berisi, kian merunduk, yang berarti kerendahan hati dalam menjalani hidup.

Ada juga peribahasa lain, ada beras taruh dalam padi, dalam bahasa gaulnya bisa diartikan dengan etika dalam 'meletakkan' posisi 'curcolan' rekan kita di tempat yang semestinya, ketika hal itu dipercayakan pada kita. Tentu masih banyak topik lain yang menggandeng padi sebagai peribahasa. 

Disadari atau tidak, hal itu bisa menggambarkan arti dan makna padi yang luas dalam kehidupan kita.

Siapa dan apa padi? Nampak kecil, remeh, sepele, tetapi banyak sekali guna sekaligus perannya.

Terkait dengan peribahasa di atas, saya tidak hendak menjelaskan mengenai lebar dan luasnya arti dari peribahasa itu. Toh, sudah banyak penulis handal yang membahasnya. Sangat menarik, si kecil yang bernas ini, kala semakin bertumbuh dan siap dipanen, memang secara penampakan akan terlihat semakin 'merunduk', tentu karena bobot 'diri' yang semakin berat untuk disangga.

Telaah lebih lanjut, padi yang memiliki nama ilmiah Oryza sativa ini adalah ragam tanaman yang termasuk dalam jenis padi-padian (poaceae). Berakar serabut, berbiji tunggal alias monokotil juga termasuk angiospermae.

Padi akan diolah, dipisahkan dari kulitnya (sekam padi). Saat itu, padi akan berubah nama dan biasa kita sapa dengan kata, beras. Beras dikenal luas sebagai makanan pokok rakyat Indonesia, walaupun di beberapa daerah tertentu, ada jenis makanan pokok lain yang dikonsumsi juga, tetapi (harus diakui )beras populer sebagai bahan makanan pokok orang Indonesia.

Nah, ada sebuah kenyataan, terkait hal ini, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang mengonsumsi beras terbesar di dunia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa produksi beras nasional tahun 2020 meningkat 0,05 juta ton, yang mengindikasikan kenaikan sebesar 0, 08% produksi tahun sebelumnya dengan kisaran luas lahan panen sebesar 10, 66 juta hektar.

Berbagai macam olahan dari padi yang telah diproses menjadi beras bisa didapatkan, namun ada 4 manfaat lain yang bisa juga diperoleh dari padi.

4 Manfaat Tanaman Padi Itu Adalah :

1. Air rebusan beras yang banyak khasiatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x