Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Serba-serbi Unik Seputar Penggunaan Jalur Khusus Sepeda dan Etika Bersepeda

20 Maret 2021   16:00 Diperbarui: 20 Maret 2021   17:21 120 33 11 Mohon Tunggu...

Sejak pandemi di tahun 2020 lalu, kebiasaan bersepeda atau gowes menjadi kembali booming di Indonesia.

Bagaimana dengan Anda? Apakah masih menjalani kebiasaan gowes sehat tersebut sampai kini? Apakah kebiasaan gowes tersebut sudah menjadi sebuah gaya hidup hingga kini?

Kementerian Perhubungan telah mencanangkan pilot project pembuatan jalur sepeda khusus di tahun 2020 lalu, tepatnya di bulan September. Hal ini dilansir dalam Kompas.com (23/09/2020).

Urgensi pembuatan jalur khusus untuk sepeda ini memang sangat beralasan. Ir. Drs. Djoko Setijowarno, MT,  menjelaskan adanya peningkatan aktivitas pesepeda 10 kali lipat di DKI Jakarta. Hal ini dilansir dalam laman Detik.com (14/07/2020).

Keinginan untuk memulai gaya hidup sehat melalui gowes ini memang sangat wajar dilakukan, mengingat pandemi Covid- 19 yang memang mengharuskan kita untuk tetap menjaga stamina sebagai sebuah upaya terhindar dari kejamnya serangan virus corona.

 Pembatasan aktivitas yang terjadi untuk mencegah penyebaran virus corona ini membuat kita berupaya memilih beberapa aktivitas olahraga yang 'aman'. Gowes menjadi lekat dalam beberapa kurun waktu ini sebagai sebuah gaya hidup sehat di tengah pandemi.

Mental dan fisik lebih sehat dengan aktivitas gowes. Namun demikian, seiring dengan meningkatnya aktivitas gowes sejak pandemi tahun lalu, terjadi juga peningkatan kecelakaan yang mengakibatkan banyak korban jiwa melayang di kalangan pesepeda. 

Masih disebutkan pula oleh Ir. Drs. Djoko Setijowarno, MT, yang juga selalu Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan. Dikatakan sejak bulan Januari - Juni 2020 terjadi 29 peristiwa kecelakaan, dimana 58% (17 pesepeda) korban meninggal dunia (Detik.com, 14/07/2020).

Memang kebiasaan bersepeda ini masih belum menjadi sebuah kebiasaan yang menetap di kalangan warga, sehingga efisiensi dan optimalisasi pembangunan jalur khusus sepeda ini masih terus diperhitungkan pemerintah untuk bisa dibuat secara masif dan menyeluruh di seluruh wilayah di Indonesia. 

Keseriusan pemerintah akhirnya juga  dituangkan di Permenhub No.59 Tahun 2020 mengenai Ketentuan Jalur Sepeda. Hal ini tentu menjadi sebuah utopia yang melindungi keselamatan para pesepeda di jalan raya

Lebih dari itu gowes ini merupakan sebuah kebiasaan sehat yang bisa dibangun menjadi sebuah gaya hidup. Jika gowes menjadi sebuah gaya hidup yang dimiliki sebagian besar warga, maka tingkat urgensi dibangunnya jalur khusus sepeda di daerah-daerah di seluruh pelosok nusantara ini menjadi hal penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x