Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar dari Kisah Anne Sullivan: "Knowledge dan Attitude" Harus Bergandengan Tangan

11 Agustus 2020   05:08 Diperbarui: 12 Agustus 2020   23:03 683 37 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari Kisah Anne Sullivan: "Knowledge dan Attitude" Harus Bergandengan Tangan
ilustrasi Anne Sullivan dan Hellen Keller sumber : abbaloveministries.org

Terinspirasi dari seorang pendidik yang memiliki "rasa kasih besar" dalam mengajar dan mendidik dengan hati bagi siswanya yang memiliki kelemahan tubuh dalam fungsi penglihatan dan pendengarannya. 

Dia bernama Anne Sullivan. Anne, dikenal sebagai pendidik dan pembimbing pribadi dari seorang tokoh besar bernama Hellen Keller. Anne memiliki nama kecil Johanna Mansfield Sullivan. 

Hellen Keller bukan siswa biasa, dia memiliki kelemahan tubuh. Pada awalnya, bukan sebuah hal mudah untuk mengajar Hellen kecil, bagi Anne. Keterbatasan fungsi penglihatan dan pendengarannya, membuat Hellen Keller frustasi yang selanjutnya sering menimbulkan perilaku kemarahan yang hebat sehingga sulit bagi Anne untuk mengajarnya.

Saat usia 7 tahun, Anne dipertemukan dengan Hellen. Hellen memiliki tabiat kasar dan pemarah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan yang diderita oleh Hellen Keller.

Hellen hidup dalam didikan keluarga yang konservatif. Hellen tidak mengenal dunia di luar rumahnya. Bukan hal yang mudah bagi Anne untuk membawa Hellen keluar dari masalah yang dihadapinya.

Anne Sullivan bukan seorang guru yang mudah menyerah. Kasih dan ketekunan yang pada akhirnya memunculkan bonding kuat diantara guru dan siswa ini membawa sebuah pencerahan.

Metode pengajaran Anne, yang mengandalkan rabaan dan getaran suara membuat Hellen bisa mengenal banyak kata. Anne Sullivan, terus berjuang, sehingga Helen dapat mengalami metode pembelajaran di luar rumah dan di sekolah.

Singkat cerita, Hellen Keller menjadi pejuang kaum difabel dan juga salah seorang tokoh kemanusiaan dunia, dan bukan hanya itu saja,  beliau juga merupakan seorang penulis  12 buku dan beberapa artikel. 

Sosok Anne Sullivan, memiliki peran besar dalam mengubah masa depan Hellen Keller.

Bisa dibayangkan jika Anne Sulivan hanya mencekoki Hellen Keller dengan pengetahuan (knowledge) semata, tanpa pembentukan sikap dan perilaku yang baik (attitude), tidaklah mungkin Hellen bisa menjadi seorang yang peduli dengan kaum difabel dan menjadi seorang tokoh kemanusiaan besar di dunia.

**

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x