Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... berbagi dan memberi manfaat

Urip iku urup

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Penjual Makanan Keliling Ini Punya Ciri Khas

6 Juni 2020   21:32 Diperbarui: 6 Juni 2020   21:28 229 59 27 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Penjual Makanan Keliling Ini Punya Ciri Khas
ilustrasi penjual makanan keliling / sumber : kompas.com

Banyak ragam penjual keliling di Indonesia ini. Mulai dari penjual ikan, sayuran, makanan, hingga perabot-perabot rumah tangga. Ada yang berjualan di waktu pagi, siang maupun malam hari.

Beragam cara pula yang ditampilkan setiap penjual keliling tersebut dalam menawarkan barang dagangannya. Semuanya dilakukan supaya pelanggan mengetahui, bahwa mereka sedang menawarkan dagangannya.

Banyak cara untuk menarik perhatian pembeli, saat penjual keliling tersebut menawarkan dagangannya. Beberapa teknik digunakan penjual keliling untuk menarik minat pembeli, para langganan setia mereka.

Teknik menarik pembeli yang dilakukan oleh para penjual keliling itu, diantaranya dengan membuat suara-suara yang menarik perhatian, atau pun dari cara menampilkan sesuatu yang mereka jual.

Hanya dari suara khas mereka, kita yang mendengar, sudah hafal betul, kira-kira barang dagangan apa yang mereka tawarkan. Ciri khas suara tersebut seolah menjadi penanda tersendiri keberadaan mereka.

Beberapa penjual makanan keliling berikut, mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan mendengar suaranya saja, kita dapat berasosiasi, apa yang mereka jual, saking khas-nya suara yang diperdengarkan.

Suara-suara tersebut menjadi gaya tersendiri bagi sekelompok penjual-penjual makanan keliling. Suara itu terkesan telah menjadi sebuah trademark.

Sebagian dari kita, mungkin adalah pelanggan setia mereka, yang kerap menunggu "suitan" khas yang memanggil, entah di pagi, siang atau di malam hari.

Nah, berikut ini, ada 5 penjual makanan keliling, yang memiliki suara khas dalam menawarkan makanannya, mari kita simak, siapa saja mereka :

foto penjual kue putu/ sumber : kompas.com
foto penjual kue putu/ sumber : kompas.com
1. Penjual Kue Putu

Penjual Kue Putu memiliki ciri khas tersendiri. Kue berwarna hijau, wangi dan dibuat di dalam bambu ini, merupakan kue yang banyak dikenal, dengan dijual secara keliling. Ada bunyi khas serta unik yang menyertainya. Bunyi ini keluar dari uap air yang digunakan untuk mematangkan kue tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x