Mohon tunggu...
Yunita Kristanti Nur Indarsih
Yunita Kristanti Nur Indarsih Mohon Tunggu... Pendidik - ... n i t a ...

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Coba Ini, Kuy! Alternatif Pengganti Saat Kehabisan Vitamin C Kemasan

8 April 2020   10:44 Diperbarui: 8 April 2020   11:02 619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : Dok. Pribadi

Beberapa minggu lalu, saya dan keluarga kehabisan stock Vitamin C kemasan di rumah. Saya pun bergegas untuk membeli Vitamin C kemasan di apotek-apotek terdekat di seputar tempat tinggal saya. Saya mencarinya di hampir lebih dari 3 apotek dan lebih dari 3 swalayan, dan.. nihil hasilnya!! Saya pulang dengan tangan hampa hari itu.

Saya sempat menanyakan ke beberapa karyawan apotek dan swalayan yang saya datangi tersebut, memang sebagian besar menjelaskan alasannya, hal itu disebabkan karena persediaan mereka pun terbatas dan habis. Saat saya mencari Vitamin C kemasan tersebut pihak karyawan apotek dan swalayan tersebut juga menerangkan bahwa sedang menunggu pasokan berikutnya. 

Saya putuskan untuk pulang, tetapi tentu berputar kian - kemari otak saya untuk mencari cara kreatif supaya tetap bisa konsumsi vitamin C, yang menurut pakar-pakar kesehatan cukup penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita saat masa dalam pandemi ini.

Sebut saja seorang virologist yang sempat viral dengan video penjelasannya mengenai virus korona baru - baru ini, drh. Indro Cahyono, seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Beliau memberikan tips sehat dan bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh dengan minum vitamin E dan C, plus madu secara teratur, seperti yang dilansir dalam laman Detik.com.

Sebelum pandemi ini terjadi, saya dan keluarga termasuk penggiat konsumsi jus buah, termasuk jus jeruk dan aneka jus lain. Saya terbiasa juga membeli buah dan menyimpannya di dalam lemari pendingin untuk dikonsumsi sebelum dan setelah kami bekerja. 

Namun demikian, sebelum kebijakan work from home ini diberlakukan, saya hanya melakukannya dua hari dalam seminggu untuk membuat aneka jus tersebut karena memang waktu dan tenaga yang digunakan cukup menguras, lalu  saya pun kurang punya waktu untuk membuatnya setiap hari karena pekerjaan yang cukup menyita tenaga dan pikiran, sehingga saya putuskan untuk membeli suplemen dan vitamin dalam bentuk kemasan yang dijual di pasaran.

By the way, anyway, busway, kuuyy kembali ke problemo awal tadi, gimana mensiasati untuk tetap bisa konsumsi Vitamin C, walaupun kehabisan Vitamin C dalam kemasan. Saya sudah melakukan rutinitas minum jus segar ini selama beberapa hari terakhir. Siapa tahu sobat Kompasianers dan pembaca setia Kompasiana di seantero Indonesia bahkan dunia juga mengalami hal yang sama dengan saya.

Ini resep Jus Segar Madu Jeruk racikan saya yang bisa Anda coba di rumah. Sederahana bahannya, dan cepat dan mudah penyajiannya. Dijamin deh..

Ilustrasi Jeruk Peras : Dok. Pribadi
Ilustrasi Jeruk Peras : Dok. Pribadi
Bahan :
  • 8 buah jeruk peras segar
  • 4 buah jeruk nipis
  • 4 sdm madu

Cara :

- Ambil sari jeruk peras dan jeruk nipis, dengan cara memerasnya dan kemudian masukkan hasil perasan tersebut ke dalam sebuah wadah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun