Mohon tunggu...
Nita Juniarti
Nita Juniarti Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Perempuan

Penaruh mimpi di Altar-Nya

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Lamaran Online

30 November 2022   18:09 Diperbarui: 30 November 2022   18:15 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Lamaran Online. Dokpri

Menikah dengan orang jauh, menikah kalau pandemi, online adalah solusinya Namun, jangan sampai nikah juga online, begitu pesan keluarga besar. 

Sekalipun online menjadikannya tetap saklar bisa kok. Apa sih yang harus disiapkan untuk lamaran online ini? Berikut yang aku rasakan :

1. Yakinkan orangtua

Ini paling menantang, pasalnya orangtua bukan orang yang ramah dengan gadged. Menyakinkan orangtua aku lakukan sejak aku bekerja online dari rumah, setiap minggu aku memberikan gaji dari hasil pekerjaan tersebut, sebab orangtua sering bertanya kenapa aku hanya dikamar dan kadang cuma sarungan, padahal aku kerja dan kebetulan pekerjaannya digaji perminggu. Hal ini, membuat orangtua percaya bahwa ada pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. 

2. Cari tokoh cerita serupa

Barangkali, salah satu positif hadirnya covid adalah mempermudah beberapa hal dan menyulitkan beberapa hal. Saat itu, covid sedang berada di level-level, beberapa teman yang hanya beda kabupaten saja, ada yang melaksanakan lamaran secara online. Beberapa bahkan ibu mengenalnya.  Syukurlah akhirnya gagasan lamaran online ini diterima. 

3. Perkuat dengan dukungan orang kepercayaan orangtua

Ibuku adalah orang paling ragu soal menerima lamaran orang jauh, online pula. Alhamdulillah setelah konsul pada salah satu ustad kepercayaan beliau, beliau memberi nasehat bahwa jika jodoh pasti Tuhan permudahkan, lagi pula tidak ada batasan jodoh dalam quran dan hadist dengan jarak, hanya diatur pada empat perkara saja sebagai pedoman. Syukurnya Ustad ini melek teknologi, dukungan itupun lancar. 

4. Pilih aplikasi yang akan digunakan

Untuk lamaran, kami menyepakati aplikasi yang memudahkan kedua belah pihak. Saat itu kami memilih google meet. Sebab para tetua belum paham cara menggunakan zoom.  Yang penting aman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun