Mohon tunggu...
Nita Haryanto
Nita Haryanto Mohon Tunggu... all is well

talk less, do more!

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Visual Story Telling

10 Mei 2019   13:19 Diperbarui: 10 Mei 2019   13:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Visual Story Telling
https://foto.co.id/mencoba-memahami-apa-itu-foto-human-interest/

Suatu pesan komunikasi kini tidak hanya dapat disampaikan dengan kata-kata, namun banyak cara lain yang dapat kita lakukan untuk menyampaikan suatu pesan. Salah satunya adalah dengan menggunakan gambar. Bahkan penelitian mengatakan bahwa manusia lebih dapat dengan cepat menangkap pesan komunikasi dengan hanya melihat visual. Gambar tidak hanya memperlihatkan visual namun dengan gambar manusia dapat merasakan emosi, membangkitkan kenangan, seakan-akan kita berada dalam situasi tersebut.

Kemudian, apa sih yang dimaksud dengan Visual Story telling?

Visual Story telling bukan hanya soal membuat gambar untuk menyampaikan suatu pesan, namun adanya relevansi antara gambar dan teks yang mana tidak hanya bertujuan untuk menghibur namun untuk memahami dan mengklarifikasi suatu makna. Menurut Caputo (2003), storytelling adalah penyampaian cerita yang dilakukan melalui media yang menggunakan image-image visual atau grafis, baik bergerak maupun diam. Ada beberapa fungsi dari representasi visual:

1. Memperjelas cerita  memperlihatkan gambar dengan suasana yang memang diinginkan sutradara sehingga cerita tersebut mudah dipahami dan semakin jelas jika dilengkapi dengan gambar

2. Memperkuat cerita visual tidak hanya mempengaruhi indera penglihatan saja, namun juga dapat mempengaruhi indera yang lain.

Ada beberapa media yang menggunakan Visual Storytelling:

1. Koran

2. Komik

3. Games

4. Meme

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2