Mohon tunggu...
Nita Erniati
Nita Erniati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis adalah cara menciptakan dunia baru yang diharapkan penulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ada Apa dengan Kurikulum?

29 Oktober 2022   11:41 Diperbarui: 29 Oktober 2022   11:43 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurikulum adalah sebuah kata yang  pasti sering kita dengar namun ketika ditanya apa itu kurikulum , belum tentu kita bisa menjawabnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kurikulum adalah 1 perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan; 2 perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus.

Kurikulum di Indonesia sudah beberapa kali mengalami perubahan sejak masa pasca kerdekaan sampai saat ini. Kurikulum yang terus berubah melahirkan pertanyaan ada apa dengan Kurikulum? Mengapa Kurikulum terus berubah? Kurikulum apa sebenarnya yang merupakan Kurikulum terbaik? 

Dirangkum dari berbagai sumber setidaknya ada sepuluh Kurikulum yang pernah dilaksanakan di Indonesia mulai dari Kurikulum 1947, Kurikulum 1952, Kurikulum 1964, Kurikulum 1968,Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, Kurikulum 2013 (K-13) dan saat ini adalah  Kurikulum Merdeka atau Kurikulum Prototipe.

Pertanyaannya ada apa dengan Kurikulum sehingga terus berubah dari masa ke masa? Apakah Kurikulum terus berubah karena terus mencari dan mencoba untuk menemukan Kurikulum terbaik? Lantas Kurikulum apa yang merupakan Kurikulum terbaik di Indonesia. Ini adalah beberapa pertanyaan yang banyak dipertanyakan.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan  itu mari kita ingat-ingat lagi bagaimana dulu ketika kita masih sekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD). Sudah ingatkah apa yang kita lakukan dulu ketika masih duduk di Sekolah Dasar? Bagaimana Kegiatan Belajar Mengajar yang kita lalui dulu?  Bila sudah ingat, mari kita bandingkan dengan situasi Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar sekarang. Apakah sama atau berbeda?

Jawabannya sudah pasti berbeda kenapa? Karena zaman terus berubah maka pendidikan juga harus selalu mengikuti perubahan yang terjadi. Itu alasan kenapa Kurikulum juga terus berubah karena Kurikulum harus adaptif. Kurikulum harus selalu bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi zaman. 

Ketika dulu kita masih duduk di Sekolah Dasar, kita belum mengenal teknologi. Berbeda dengan murid Sekolah Dasar sekarang yang disebut juga Digital Native Students atau Siswa Generasi Digital dimana mereka terlahir di era teknologi digital. Oleh karena itu Kurikulum terus berubah agar bisa sesuai dengan perkembangan zaman.

Pertanyaan selanjutnya adalah  apa Kurikulum terbaik yang pernah ada? Jawabannya adalah setiap kurikulum yang pernah ada merupakan kurikulum terbaik pada saat itu karena telah dirancang sebaik mungkin agar sesuai dengan kebutuhan di saat zaman itu.

Jadi mari kita bersama-sama menyaksikan perubahan zaman yang pastinya menuntut kita untuk terus mengikutinya. Jangan pernah berhenti untuk mencoba beradaptasi dengan perubahan karena Zaman akan terus berubah.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun