Mohon tunggu...
Niswah Qintara Rahmani
Niswah Qintara Rahmani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Inggris, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Siapapun bisa menjadi apapun.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Tips Mudah Memulai Belajar Bahasa Inggris

4 Desember 2022   16:59 Diperbarui: 4 Desember 2022   17:00 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber: Dokumen Pribadi) 

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang dipakai dan dipelajari oleh orang-orang dari hampir seluruh dunia. Bahasa ini digunakan untuk menjadi bahasa penghubung di tengah perbedaan bahasa dari suatu negara dengan negara yang lainnya. Film dan musik berbahasa Inggris pun sangat populer di seluruh dunia terutama Indonesia. Maka dari itu, bukan menjadi hal yang aneh jika seseorang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan berbagai macam tujuan seperti ingin memahami sebuah dialog didalam film atau musik, atau dengan tujuan serius seperti ingin melanjutkan pendidikan di negara berbahasa Inggris. Tentu saja ini menjadi tantangan yang sulit bagi kita yang sudah terbiasa mendengar bahasa Indonesia dan merasa asing dengan bahasa lain. Ada banyak cara dasar untuk mempelajari bahasa inggris dengan mudah, berikut cara-cara dasar mempelajari bahasa inggris.

1. BULATKAN NIAT

Niat yang kuat mejadi aspek yang cukup penting disini. Saat kamu mempelajari bahasa baru, kamu akan menemui banyak sekali rintangan yang bisa saja membuat kamu menyerah di tengah jalan. Tentu saja itu akan menjadi hal yang sangat amat disayangkan. Tapi jika niat yang kuat sudah menjadi pondasimu dalam proses belajar, kamu akan selalu berusaha untuk melangkah maju sekecil apapun langkahnya. So, Semangat!

2. KEPO

Pada dasarnya, ketika kita mempelajari bahasa baru kita harus kepo atau memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap setiap hal yang berkaitan dengan bahasa tersebut. Apalagi bahasa Inggris adalah bahasa yang cukup populer di Indonesia, kamu bisa mendapatkan informasi dengan mudah dari manapun sumbernya. Contohnya ketika kamu sedang di kamar mandi, kamu bisa mencari tahu nama-nama peralatan kamar mandi dalam bahasa Inggris melalui ponsel.

3. KOSAKATA BARU

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, kamu memang harus rajin mencari tahu kosakata baru untuk memperluas cakupan kamu dalam berbicara. Semakin banyak kosakata yang kamu miliki, semakin besar pula kesempatan kamu untuk bisa lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

4. READING/MEMBACA

* Membaca caption berbahasa inggris

Seringkali artis lokal yang kita kagumi menuliskan caption berbahasa Inggris, ini kesempatan kamu untuk melatih kemampuanmu dalam membaca bahasa Inggris, rasanya mungkin cukup sulit atau bahkan malas, tapi ketika kamu sudah terbiasa itu akan menajdi hal yang sangat menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun