Edukasi

Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

14 Maret 2019   23:33 Diperbarui: 15 Maret 2019   07:14 48 3 0
Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak
hellosehat.com

Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas tanpa ada faktor-faktor yang menghambat perkembangan tersebut.

Perkembangan otak anak sudah dimulai sejak dalam kandungan hingga berlanjut sampai anak lahir. Bayi baru lahir memiliki sekitar 100 miliar sel otak, otak mencapai setengah dari beratnya saat bayi masuk usia sekitar 6 bulan dan mencapai 90% dari berat akhirnya pada usia 8 tahun.

Awal tahun perkembangan merupakan masa-masa golden age yang mana pada masa tersebut bayi akan belajar dengan meyerap semua informasi secara tanggap dan cepat.

Kemampuan otak merupakan hal yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, maka dari itu sangatlah penting bagi orang tua untuk memastikan apakah anak mereka sudah mendaptkan stimulus yang baik untuk menumbuhkan kecerdasan mereka.

Selain itu asupan zat gizi yang sesuai dengan takaran gizi yg cukup  juga menunjang keberhasilannya. Berikut merupakan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak :

1. Membacakan dongeng

Salah satu aktifitas yang tepat dilakukan ketika bersama dengan anak ialah membaca. Orang tua bisa memilihkan beberapa bacaan yang mengandung  unsur cerita rakyat atau legenda atau dongeng dan beberapa cerita yang cocok dibaca untuk anak. Jenis cerita tersebut dapat membantu merangsang imajinasi anak dan daya pikir. Sering membacakan dongeng dapat membantu kemampuan bahasa anak serta minat membaca pun akan tumbuh sejak dini seiring dengan berjalannya waktu.

2. Bermain alat music

Mengenalkan alat music sejak dini dengan menggunakan alat yang sederhana saja, misalnya pianika dan gitar mini. Minat anak dalam bermain music akan tumbuh seiring dengan berjalannya waktu, tetapi jika anak tidak mau orang tua jangan pernah memaksakan kehendak. Music dapat membantu meningkatkan memori otal, kreativitas, kemampuan analisa, bahasa, perhitungan, kemampuan motorik dan lainnya.

3. belajar bahasa baru

Daftarkan anak untuk mengikuti kelas bahasa karena mempelajari bahasa baru tidak hanya bermanfaat untuk komunikasi akan tetapi dapat meningkatkan kecerdasan anak. Mempelajari lebih dari satu bahasa mampu meningkatkan kemampuan otak dalam menyelesaikan masalah.

4. Olahraga

Olahraga dapat membuat otak menjadi lebih fokus selain itu dapat pula meningkatkan daya ingat dan membuat otak lebih fresh terhindar dari stress. Anak yang rutin berolahraga cenderung memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik. Adakalanya penting sekali bagi orang tua untuk mengenalkan dan mengajarkan pentingnya aktifitas olahraga bagi kesehatan mereka.

5. Tidur tepat waktu

Biasakan jam tidur anak selalu teratur usahakan agar anak memiliki waktu tidur yang cukup di siang dan malam hari. Karena hal ini akan mendukung kegiatan serta membuat tubuh anak menjadi lebih sehat kembali. Hal ini juga ada kaitannya dengan kecerdasan dan kemampuan berpikir anak.