Mohon tunggu...
Khairun Nissa
Khairun Nissa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Arsitektur UNS

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa UNS Meningkatkan Edukasi terhadap Covid-19 dalam KKN Dusun Wetankali RT 04 Desa Girilayu, Kecamatan Matesih

10 Juli 2020   15:17 Diperbarui: 10 Juli 2020   15:07 7 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan dan kesehatan. Hal tersebut membuat pemerintah menerapkan beberapa kebijakan untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19 ini. Namun dalam penerapannya tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan informasi dan pemahaman secara menyeluruh mengenai beberapa kebijakan dan hal-hal yang harus dipatuhi selama masa pandemi.

Isu tersebut membuat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengeluarkan kebijakan untuk penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Era Covid-19. Program ini dilaksanakan  untuk memenuhi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penyesuaian yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 yaitu dengan membentuk KKN Tematik yang dilakukan secara individual di lingkungan asal masing-masing mahasiswa.

Khairun Nissa' dari Prodi Arsitektur sebagai salah satu mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN Tematik juga ikut berkontribusi  dengan terjun langsung ke masyarakat di  Dusun Wetankali RT 04 Desa Girilayu Kec.Matesih Kab.Karanganyar di bawah bimbingan Bapak Dr.sc.agr. Adi Ratriyanto, S.Pt, M.P. Kegiatan KKN ini berlangsung selama kurang lebih 45 hari. Tema KKN yang dilaksanakan adalah Pendidikan dengan program utama untuk meningkatan edukasi masyarakat terhadap Covid-19.

Kegiatan dilaksanakan baik secara online maupun secara offline dengan metode kunjungan dari rumah ke rumah. Pada kegiatan secara online dilakukan dengan penyebaran poster yang melalui aplikasi WhatsApp dengan isi diantaranya yaitu pemahaman mengenai ODP dan PDP, ajakan untuk mengikuti program belajar di rumah dari Kemendikbud, dan tips untuk berlebaran secara aman di masa pandemi. Selain itu terdapat juga video pembelajaran bagi anak untuk mengisi waktu luang yang berisi pembuatan masker handmade dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Program selanjutnya dilaksanakan secara offline dengan metode door to door (dari rumah ke rumah) untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 yaitu penerapan new normal dengan bantuan poster tempel yang dibagikan ke setiap rumah. Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga dibarengi dengan pembagian new normal kit yang berisi masker kain, handsanitizer, dan leaflet mengenai cara penggunaan masker yang benar.

Melalui program kegiatan ini diharapkan dapat memicu kesadaran dan meningkatkan pemahaman masyarakat sehingga lebih membantu pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x