Setiap manusia adalah individu yang berbeda, tidak ada satupun manusia yang sama persis mulai dari fisik, kepribadian, kebiasaan, hingga pola pikirnya.Â
Sekalipun manusia ada yang terlahir kembar, namun tidak dapat dipungkiri mereka tetaplah individu yang sangat berbeda dan seringkali justru bertolak belakang. Dan semakin dewasa kita, semakin banyak pula kita bertemu orang dengan berbagai karakter yang berbeda.
Dalam hal berkomunikasi kita juga harus memperhatikan bagaimana karakter lawan bicara kita atau rekan yang kita ajak berkomunikasi, karena tentu saja jika kita salah cara dalam berkomunikasi akan menimbulkan kesalahpahaman dan konflik.
Di tempat kerja dengan berbagai macam jenis orang di dalamnya, tentunya kita harus meminimalisir adanya konflik agar pekerjaan tetap dapat berjalan baik.Â
Namun pasti tetap akan ada yang namanya konflik, entah itu konflik kepentingan, konflik pribadi, maupun konflik lain. Apabila sampai terjadi konflik maka kita harus bisa mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi konflik dalam pekerjaan.
1. Jangan mudah terpancing emosi
Ketika terjadi konflik jangan langsung terpancing emosi, karena dapat memperburuk keadaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan kepala dingin.
2. Bicara empat mata
Jika anda terlibat konflik maka ada baiknya ajak rekan yang sedang berkonflik dengan anda untuk berbicara empat mata, bicarakan dengan baik apa masalah yang terjadi dan carilah win-win solution untuk kedua belah pihak.