Mohon tunggu...
nsfyn
nsfyn Mohon Tunggu... Human Resources - karyawan

saya mencoba menggunakan blog untuk menulis segala hal yang terjadi di hidup saya.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Penguraian Benang Kusut

21 September 2022   10:17 Diperbarui: 21 September 2022   10:31 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setelah 2 bulan mempraktekan solusi dari penyelesaian masalah dan proses penerimaan, alhamdulillah ada hal yang berubah dari diri saya walaupun perubahannya hanya sedikit tapi saya yakin itu akan baik untuk kedepanya, karna menurut saya lebih baik sedikit tapi konsisten dari pada melalukan perubahan besar tapi hanya sebentar tidak konsisten dan kembali menjadi hal yang tidak baik.

ternyata salah satu dari cepatnya proses perubahan dalam diri adalah dengan menerima dan memaafkan, banyak hal yang saya pelajari dari menerima dan memaafkan, saya merasa menjadi lebih tenang dan tidak terlalu cemas dengan segala hal.

mulai menerima semua kekusutan ini dengan lapang dada, meyakini bahwa ini takdir terbaik untuk diri saya, memaafkan orang-orang yang sudah  menyakiti membuat diri saya lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan orang tersebut, tapi yang agak sulit itu memafkan diri sendiri dan saya masih sangat belajar setiap harinya. 

Yang terjadi setelah proses healing selama 2 bulan kemarin adalah saya mulai melakukan batasan kepada orang lain batasan dalam segala hal, saya tidak mau ada orang yang terlalu masuk kedalam hidup saya dan sebaliknya, saya mulai mengenali diri sendiri, tanpa disadari ternyata selama ini saya tidak mengenali diri saya, ternyata lebih memahami diri sendiri dan tidak terlalu memikirkan orang lain membuat saya lebih nyaman, saya tidak takut dengan kesendirian lagi dan merasa lebih baik ketika sedang sendiri, saya mampu berpikir jernih sebelum merespon perkataan orang lain dan menghadapi suatu hal yang tidak saya sukai, mulai memberanikan diri memutuskan kontak dan koneksi dari orang-orang yang menurut saya membawa pengaruh negatif, saya juga merasa mengalir kearah yang tepat walaupun ditengah  situasi yang sangat sulit.

Jujur saya sangat senang akan perubahan ini, oh ya satu hal lagi jangan pernah ikut campur dengan urusan orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan diri kita karna itu hanya membuang waktu dan membawa pengaruh negatif untuk kita.

sekian curhatan saya kali ini, semoga saya bisa terus konsisten berubah menjadi lebih baik lagi. :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun