Mohon tunggu...
Nispul Laeli Baroroh
Nispul Laeli Baroroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Mataram

Menyukai komik menggambar & novel fiksi

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Ancaman Resesi Global, Ini Beberapa Tips Menghadapinya

16 Oktober 2022   15:10 Diperbarui: 16 Oktober 2022   16:01 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Ancaman resesi global tahun 2023 sudah semakin terlihat dampaknya. Semua pihak diminta waspada karena dampak resesi tidak hanya berimbas kepada ekspor tetapi sendi-sendi kehidupan masyarakat biasa.Tidak hanya diluar negeri atau negeri-negeri maju saja, tapi dampak resesi juga akan dirasakan masyarakat indonesia.

Dikutip dari CNBC Indonesia pada sabtu (15/10/2022) "Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan pengarahan dalam acara Profesi Keuangan Expo 2022 mengingatkan seluruh pihak dan pemangku kepentingan diminta untuk mempersiapkan diri dan tidak boleh gentar menghadapi resesi yang akan datang".

Bahkan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah berulang kali mengatakan bahwa ekonomi dunia akan berada dalam kegelapan pada tahun 2023. Tidak ada yang memprediksi apa yang akan terjadi tahun depan. Yang jelas, semuanya sulit. Hanya negara-negara tertentu yang bisa bertahan dalam kegelapan.

 Apa itu Resesi?...

Dikutip dari Ekonomi Bisnis.com pada minggu (16/10/2022) "Resesi adalah kondisi pertumbuhan ekonomi riil tumbuh negatif atau dengan kata lain terjadi penurunan produk domestik bruto selama dua kuartal berturut-turut dalam satu tahun berjalan. 

Resesi ditandai dengan melemahnya perekonomian global dan akan mempengaruhi ekonomi domestik negara-negara di seluruh dunia. Kemungkinan suatu negara mengalami resesi semakin kuat apabila perekonomian negara tersebut memiliki ketergantungan pada perekonomian global".

Risiko ekonomi dapat menyebabkan pengurangan simultan dalam semua kegiatan ekonomi, termasuk pembiayaan perusahaan, lapangan kerja, dan investasi. 

Resesi biasanya dikaitkan dengan penurunan harga atau deflasi, dan sebaliknya, kenaikan harga yang tajam atau inflasi, sebuah proses yang dikenal sebagai stagflasi.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan guna menghadapi resesi global yang akan datang, didapatkan dari beberapa sumber.

1. Mulai mengembangkan ke ahlian lain, dengan mempelajari hal-hal baru

Ancaman resesi 2023 mendatang tentunya membuat kita was-was, tapi sebelum itu terjadi sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan cara yang pertama  mulai mempelajari keahlian baru. Mau tidak mau menghadapi resesi kita semua harus terus mengembangkan diri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun