Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Professional

Improve the reality, Lower the expectation, Twitter & IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Enam Barang Penting yang Perlu Dibawa Saat Bepergian

12 Januari 2018   17:50 Diperbarui: 12 Januari 2018   18:20 1651 1 1
Enam Barang Penting yang Perlu Dibawa Saat Bepergian
Packing atau berkemas dengan teliti sebelum berangkat sangat menentukan kelancaran traveling nantinya (www.amara.com)

Tahun 2018 ini memiliki 10 bulan yang di dalamnya terdapat libur nasional maupun cuti bersama.  Hanya di bulan Juli dan Oktober 2018 yang tidak ada tanggal merahnya selain hari Minggu.  Kalau Anda hendak merencanakan traveling, bulan Januari ini adalah waktu tepatnya.

Selain mencari tiket dan tujuan traveling, berkemas-kemas atau packing menjadi rutinitas traveler.  Di era media sosial saat ini, gadget (setelah dompet) pastinya tak boleh ketinggalan saat jalan-jalan.  Kostum traveling boleh sederhana.  Tapi, foto dari lokasi wisata harus Instagramable.

Nah, selain dompet dan gadget, ada lho sejumlah barang (kecil) yang penting saat traveling.  Keenamnya memang mudah dicari.  Namun, kalau sudah dikemas dari awal, saat (mendadak) kita memerlukannya, pasti lebih nyaman kan?  Inilah keenamnya beserta fungsinya.

1. Sapu tangan atau Tissue Kertas

Mulai dari mengelap keringat di wajah hingga sisa makanan setelah makan, sapu tangan atau tissue (sangat) membantu seorang pelancong untuk tetap bersih selama traveling.  Manfaat sapu tangan atau tissue ini semakin terasa ketika belum menemukan air untuk mencuci tangan.

Meskipun kecil, keenam barang dalam artikel ini penting dibawa saat traveling (www.productivemuslim.com)
Meskipun kecil, keenam barang dalam artikel ini penting dibawa saat traveling (www.productivemuslim.com)
Bagi keluarga yang akan traveling bersama bayi dan balita, tissue basah (mutlak) dibawa agar kulit halus mereka terlindung dari kuman.  Amannya, siapkan baik tissue kering maupun basah, khususnya ketika lokasi traveling yang kita tuju lebih banyak di tempat terbuka (outdoor).

2. Kaos kaki minimal dua pasang

Kaos kaki dapat melindungi telapak dan jari kaki di cuaca dingin maupun panas.  Saat traveling di suhu rendah, kaos kaki menahan panas di area kaki sehingga energi untuk berjalan tetap ada.  Di tempat panas, kaos kaki menjaga kaki agar tetap kering dari debu dan keringat.

Idealnya, kaos kaki yang dibawa saat traveling ada yang tebal (dari wol) untuk dingin dan tipis (dari katun) untuk menyerap keringat.  Namun, tak perlu yang mahal.  Untuk hal ini, jumlah lebih penting.  Selama muat di kaki, silakan kemas kaos kaki sesuai lamanya waktu traveling.

3. Minyak dan atau krim aromaterapi

Sudah menjadi rahasia umum, otot pegal dan perut mual adalah dua penyakit 'langganan' saat jalan-jalan. Mabuk darat, laut, dan udara dapat menyerang setiap traveler, dari bayi sampai orang tua.  Selain cukup makan dan minum, perlu adanya bantuan obat selain yang ditelan.

Kaos kaki dan payung sama-sama bermanfaatnya untuk traveling di tempat dingin maupun panas (www.twinkl.co.uk)
Kaos kaki dan payung sama-sama bermanfaatnya untuk traveling di tempat dingin maupun panas (www.twinkl.co.uk)
Sebaiknya minyak atau krim atau balsem tersebut berfungsi sebagai pencegahan atau sudah dioleskan ke tubuh dari awal perjalanan agar fungsinya lebih optimal.  Bayangkan mereka berfungsi sebagai perisai atau tameng bagi tubuh dari angin dan polusi udara selama di jalan.

4. Kantong plastik (atau tas kain) dalam berbagai ukuran

Selama traveling, pastinya ada baju kotor yang tidak bisa dicampur dengan baju bersih, terutama pakaian dalam.  Selain itu, setelah membeli oleh-oleh, akan lebih praktis saat mereka ditempatkan di kantong tersendiri yang bisa dijinjing daripada (dipaksa) masuk ke dalam tas.

Kantong plastik atau tas kain yang besar juga bisa untuk sementara menggantikan tas traveling saat jalan-jalan di tempat wisata.  Anda cukup membawa barang seperlunya sehingga tas traveling yang besar bisa 'diistirahatkan' di kamar penginapan.  Lebih ringan dan nyaman kan?

5. Gunting atau pisat lipat untuk kondisi darurat

Kedua benda tajam ini tentunya bukan bertujuan untuk melakukan tindakan kriminal lhoya.  Namun, saat traveling, (selalu) saja ada situasi dan kondisi yang di luar dugaan, sebaik apapun persiapan kita.  Contohnya, saat sulit membuka botol minuman atau bungkus makanan.

Selain payung, topi juga dapat melindungi pelancong dari teriknya sinar matahari yang menyengat di lokasi wisata (Dokpri)
Selain payung, topi juga dapat melindungi pelancong dari teriknya sinar matahari yang menyengat di lokasi wisata (Dokpri)
Gunting atau pisau lipat ini juga tambah penting fungsinya bagi traveler di alam terbuka yang masih alami dan jauh dari penduduk.  Saat camping dan hiking, jika sampai ketinggalan keduanya, jelas akan menyulitkan.  Jadi, pastikan membawa salah satu maupun keduanya ya.

6. Payung lipat atau jas hujan

Sekalipun bukan di musim hujan, payung dapat melindungi diri dari sinar matahari yang menyengat dan butiran debu yang beterbangan.  Payung atau jas hujan jelas melindungi badan, terutama kepala dari curahan air hujan.  Flu dan demam pun bisa dihindari saat traveling.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2