Mohon tunggu...
Nisa Najma Dliya
Nisa Najma Dliya Mohon Tunggu... Siswa

Nisa Najma Dliya - XI MIPA 3 - SMAN 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Gap Year, Tren di Negara-Negara Maju yang Kurang Diminati Pelajar Indonesia

2 Agustus 2020   21:47 Diperbarui: 3 Agustus 2020   11:53 132 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gap Year, Tren di Negara-Negara Maju yang Kurang Diminati Pelajar Indonesia
SUMBER GAMBAR: EDUSURGE.COM

Belajar di perguruan tinggi merupakan momok pembicaraan sebagian besar siswa SMA. Sebelum masuk ke universitas, beberapa siswa memutuskan untuk mengambil cuti atau biasa disebut gap year. 

Gap year adalah rentang waktu di mana seorang pelajar atau mahasiswa menunda untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Rentang waktu tersebut biasanya diisi dengan beragam kegiatan seperti bekerja, bepergian, dan menjadi sukarelawan.

Tren gap year dimulai sejak tahun 1970 di Britania Raya yang berlangsung selama 7-8 bulan sebelum dimulainya masa kuliah. Ditilik dari statistik pelajar negara-negara maju, gap year semakin meningkat peminatnya.

Di Indonesia, gap year sendiri belum begitu populer di kalangan para siswa. Banyak yang menganggap bahwa mengambil gap year berarti tertinggal dari teman-teman sebayanya. 

Padahal, berbagai penelitian menunjukkan bahwa gap year memiliki dampak positif yang signifikan pada indeks akademik para pelajar. Berikut tips-tips bagi kamu yang ingin mengambil gap year.

1. Cari informasi sebanyak mungkin

SUMBER GAMBAR: ISTOCKPHOTO
SUMBER GAMBAR: ISTOCKPHOTO
Informasi mengenai gap year bisa didapatkan di internet. Di sana kamu dapat menemukan berbagai panduan serta insights mengenai keuntungan serta kerugian mengambil gap year, hal-hal yang perlu kita persiapkan, dan jumlah biaya yang mungkin diperlukan. Kamu juga bisa mengetahui pengalaman orang lain melalui komunitas sosial.

2. Susun rencana sesuai minat dan anggaran

SUMBER GAMBAR: tourismteacher.com
SUMBER GAMBAR: tourismteacher.com
Kebanyakan pelajar mengambil gap year untuk menambah pengalaman dan mengeksplor minat, bakat, serta karir yang belum terpikirkan sebelumnya. 

Hal ini dilakukan dengan melakukan magang, mengikuti kursus, dan bepergian. Kegiatan dan program yang kita ikuti selama gap year umumnya memerlukan biaya yang cukup besar. Sesuaikan dengan budget yang kamu siapkan.

3. Bicarakan dengan sponsor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN