Mohon tunggu...
Nisa Aqidatul Izzah
Nisa Aqidatul Izzah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Negeri Malang

Mahasiswa S1 Matematika Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengimplementasian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Sumberagung oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang

21 Mei 2022   23:10 Diperbarui: 23 Mei 2022   20:45 122 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan pembelajaran

MALANG - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Malang tahun 2022 mengadakan kunjungan di TK Dharma Wanita yang terletak di Dusun Sumbermulyo, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Rabu (16/2/2022). Selain kunjungan, mahasiswa KKN UM membuat program dengan mengadakan kegiatan pembelajaran di TK tersebut. Terdapat 39 peserta didik, 4 guru dan kepala sekolah. Pembelajaran di TK dilaksanakan pada hari senin sampai dengan hari jumat selama 1 jam (08.00 - 09.00 WIB) setiap harinya.

Di masa pandemi saat ini, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi memperbolehkan untuk tidak menggunakan masker di tempat terbuka, maka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara luring (secara offline). Sistem yang digunakan adalah membagi murid menjadi tiga kelompok belajar. Walaupun terbagi menjadi tiga kelompok, tugas yang diberikan tetap sama, hanya saja langkah pengerjaan tugasnya berbeda - beda. Misalkan kelompok pertama menempel gambar monas terlebih dahulu, kelompok kedua melukis, dan kelompok ketiga memberikan nama terlebih dahulu, begitupun seterusnya pada setiap kelompok. Dengan adanya pembelajaran tersebut tentunya berdampak baik pada kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran.

Selain membantu para guru, Mahasiswa KKN UM mengajak adik-adik TK Dharma Wanita untuk bermain dan belajar, sehingga proses kegiatan tersebut berjalan dengan menyenangkan  Pada akhir kegiatan, diadakannya permainan sederhana untuk mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotoriknya, seperti permainan tebak nama hewan dengan memberikan ciri-ciri hewan tersebut oleh salah satu dari peserta didik atau tim KKN UM, permainan penjumlahan, hingga permainan tebak angka, warna atau hewan dalam bahasa inggris.

Penulis             : Intan Nur Amalia Husna, Nisa' Aqidatul Izzah

Penyunting      : Nisa' Aqidatul Izzah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan