Mohon tunggu...
Annisa Hani H
Annisa Hani H Mohon Tunggu... Desainer - Penulis Pemula

Menulislah agar apa yang kamu alami bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengalaman Transaksi COD

15 Juni 2021   16:45 Diperbarui: 15 Juni 2021   16:53 440 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Belakangan ini, COD sedang marak di perbincangkan di dunia maya. Hal ini disebabkan karena salah satu kasus COD antar kurir dan pembeli di Jambi yang viral dikalangan pengguna social media. Namun, sudah pahamkah kalian dengan COD?

COD atau Cash On Delivery merupakan salah satu cara transaksi dalam pembelian online. Barang pesanan akan dibayarkan ketika paket sudah berada ditangan konsumen. COD tidak harus mempertemukan antara penjual dan pembeli karena saat ini COD bisa dilakukan antar kurir dan  pembeli

Beberapa perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi saat ini sudah menyediakan transaksi COD, yaitu JNE, JNT, Ninja Express, SAP Express dan masih banyak lagi. Beberapa waktu lalu, sebelum kasus COD ramai diperbincangkan saya sempat melakukan transaksi online COD dengan kurir dari SAP Express. Ini bukan kali pertama saya menggunakan system pembayaran COD. Saya cukup sering menggunakan system pembayaran ini dan sudah beberapa ekspedisi yang saya coba untuk melakukan transaksi COD.

Menurut saya, sampai saat ini SAP Express merupakan ekspedisi dengan system pembayaran COD terbaik jika dibandingkan dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya. Jika dilihat dari jangkauan daerah, COD SAP Express sudah tersebar luas sampai ke pelosok daerah. Terbukti dengan lokasi rumah saya yang cukup jauh dari Kota tetapi masih bisa melakukan transaksi COD dengan SAP Express.

Selain itu, kurir sangat ramah dan sopan terhadap konsumen. Suatu ketika, semua anggota keluarga sedang tidak dirumah dan hanya ada saya sedang tidur siang di rumah. Saya tidak mendengar jika ada kurir di depan pintu rumah sudah memanggil. Namun, dengan sabar kurir tersebut menunggu sekitar tiga puluh menit didepan rumah sembari terus menelfon dan memanggil nama saya.

Saat saya menemui kurir ternyata beliau tetap tersenyum ramah menyapa dan memberikan paket kepada saya. Kemudian, seperti biasa saya membayarkan biaya COD dengan menggunakan QR code dengan aplikasi penyedia jasa dompet digital. Ini adalah salah satu kelebihan COD dari SAP Express, selain bisa dibayarkan dengan tunai kalian juga melakukannya dengan non tunai. Sangat mudah dan praktis bagi kalian yang menghindari transaksi tunai di tengah pandemic Covid-19 ini atau bagi kalian yang tinggal dengan jarak cukup jauh dari mesin ATM.

Setelah saya melakukan pembayaran, saya sempat memastikan terlebih dahulu apakah barang sesuai dengan pesanan saya atau tidak sebelum kurir pergi. Ternyata sesuai dan aman tanpa kerusakan sedikitpun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan