Mohon tunggu...
Dzulfan
Dzulfan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Collegian

Collegian with a hobby of writing motivational articles and quotes on social media.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Healing Tanpa Berpaling

12 September 2022   20:25 Diperbarui: 12 September 2022   20:25 309 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: pinterest/Simona Semaan

Setiap orang mempunyai masalah. Tidak ada orang yang benar-benar bebas dari permasalahan. Hidup itu sawang sinawang. Kita melihat orang lain hidup enak dan nyaman seolah tanpa masalah. 

“Enak ya jadi dia. Bisa ketawa terus, bisa jalan-jalan terus, punya duit banyak”. Tapi sesungguhnya kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di balik tawanya, kita tidak tahu bagaimana dia menjalani kehidupannya, kita tidak pernah tahu masa lalunya, kita tidak tahu apa saja yang telah dia lalui hingga sampai pada titik ini. Yang kita tahu hanya senyumnya saat ini.

Begitupun dengan orang lain yang melihat kehidupanmu. Ada beberapa orang yang menganggapmu hidup bahagia, yang membandingkan hidupnya dengan hidupmu dan diam-diam mendambakan kehidupanmu. Ingin berada di posisimu. Bahkan ia berdoa agar bisa sepertimu.

We never know. Kita tidak pernah tahu cobaan-cobaan yang orang lain alami, pun orang lain tidak pernah tahu rintangan curam yang kamu lalui.

Allah Swt memberikan segala sesuatu sudah sesuai dengan porsinya masing-masing tanpa kurang dan lebih sedikitpun. Allah tidak memberikanmu kehidupan seperti si Fulan karena Dia tahu kehidupan itu tidak cocok untukmu. 

Bisa jadi ketika kau berada di posisi si Fulan, kamu tidak akan mampu menghadapi permasalahan yang Fulan miliki, atau bisa jadi ketika kamu di posisinya dengan kekayaan sepertinya kamu malah akan menjadi lalai dan jauh dari Allah. Allah tidak mau kamu menjauh darinya, sebab Dia menyayangimu. Begitu pula si Fulan. Bisa jadi ketika dia di posisimu, dia tidak mampu menghadapi hidupnya.

“Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa”

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al-Baqarah/2: 286)

Sabar, ikhlas, dan syukur adalah kunci untuk menjalani hidup.

Jalani hidup dengan sabar dan ikhlas. Sabar, jangan mudah mengeluh, sebab akan selalu ada kebaikan yang datang setelah cobaan. Ikhlaslah dalam menerima segala ketetapan-Nya. Usah hiraukan kehidupan orang lain. Focus saja pada hidupmu, dunia dan akhirat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan