Mohon tunggu...
Annisaa r
Annisaa r Mohon Tunggu... Mahasiswa

You are what you believe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ujian Akhir Semester Public Relations dan Manajemen CSR - Universitas Nasional

27 Januari 2021   10:38 Diperbarui: 27 Januari 2021   11:11 77 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ujian Akhir Semester Public Relations dan Manajemen CSR - Universitas Nasional
dok. pribadi

Ujian Akhir Semester Public Relations dan Manajemen CSR -  Universitas Nasional 

Nama: Annisaa Rahmah | 183-252 

Awal tahun 2021, bencana sedang merundung Indonesia. Mulai dari kecelakaan pesawat, bencana alam, tanah lonsor, banjir hingga gempa sudah menerpa tanah nusantara. 

Perencanaan Public Relations & Manajemen CSR 

1. Target sasaran dan latar belakang pemilihan kejadian

Target sasaran korban bencana alam terdampak banjir di Kalimantan Selatan, Indonesia. Latar belakang pemilihan kejadian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1 hingga 23 Januari 2021. Bencana banjir yang paling mendominasi, yakni sebanyak 134 kejadian, disusul tanah longsor 31 kejadian, dan puting beliung sebanyak 24 kejadian. Anggota Tim Reaksi Cepat Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) Nugraheni Setyaningum memperkirakan kerugian akibat bencana banjir yang melanda di wilayah Kalimantan Selatan sekitar Rp 1,349 triliun.

Menurut bareskrim, faktor banjir karena memang faktor curah hujan saat itu sangat tinggi dari BMKG di sana. Selain curah hujan tinggi, faktor lain yang menyebabkan terjadinya banjir di Kalsel karena tingginya gelombang laut pada saat itu. Gelombang laut yang tinggi itu berpengaruh terhadap arus balik ke daratan. Gelombang tinggi antara dua sampai dua setengah meter, sehingga itu berpengaruh terhadap arus balik ke daratan.

Diskominfo Kalsel juga memerinci lahan pertanian di Kalsel yang gagal panen seluas 18.356 hektare dan memerlukan bantuan benih padi sebanyak 500 ton. Kabupaten Banjar paling besar terdampak yaitu sebanyak 33.377 KK dengan 120.226 jiwa, diikuti Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebanyak 29.127 KK dengan 57.624 jiwa, dan Kota Banjarmasin sebanyak 15.909 KK dengan 51.463 jiwa. Selanjutnya, Kabupaten Barito Kuala sebanyak 13.568 KK dengan 19.142 jiwa, Kabupaten Balangan mencapai 6.235 KK dengan 19.100 jiwa, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 3.138 KK dengan 6.690 jiwa, Kota Banjarbaru 1.570 KK dengan 4.927 jiwa, Kabupaten Tapin sebanyak 515 KK dan 1.492 jiwa dan Kabupaten Tabalong 253 KK dengan 770 jiwa.

2. Bentuk -- bentuk Kegiatan CSR dan pilihan dilakukan untuk membantu korban bencana

pilihan yang dilakukan untuk membantu korban bencana yaitu dengan program corporate philantrophy. Corporate philantrophy ini memberikan kontribusi langsung secara cuma cuma dalam bentuk sumbangan dan hibah tunai. Bantuan hibah ini berupa sarana pendukung memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari untuk masyarakat. bentuk-bentuk csr yang dapat dilakukan perusahaan Winaya ialah dengan:

  • Memberikan tawaran bantuan, yang mana tawaran tersebut bisa didiskusikan kembali oleh pihak perusahaan.
  • Memberikan donasi dalam bentuk produk milik perusahaan,
  • Mengirim dan menyediakan berupa tenda untuk korban bencana/pengungsi.
  • Memberikan perlengkapan mandi, pakaian baru, popok bayi, pembalut wanita
  • Menyediakan tikar, matras, dan alat penerangan,
  • Menyediakan hand sanitizer dan masker.
  • Dan juga kebutuhan makanan dan minuman antara lain beras, telur, mi instan, air mineral, makanan anak-anak dan susu bayi.

Pilihan-pilihan di atas dilakukan untuk membantu korban bencana banjir Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Banjar dan daerah lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN