Adanya pandemi Covid-19 telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan masyarakat, salah satunya yakni dalam bidang pendidikan. Sejak diterapkan pembelajaran dari rumah melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 15 Tahun 2020 pada Maret 2020 lalu, penyelenggaraan pembelajaran telah mengalami berbagai hambatan. Keluhan terus bermunculan baik dari siswa, guru, maupun orang tua siswa. Belajar Dari Rumah (BDR) dirasa kurang efektif pelaksanaannya, di mana kekhawatiran terus digaungkan oleh banyak pihak yang menilai pembelajaran semakin kurang esensinya jika terus dilaksanakan dari rumah, akibat tidak optimalnya kegiatan belajar mengajar. Beberapa hambatan pembelajaran daring tersebut diantaranya penurunan pemahaman siswa secara masif, kurangnya pengetahuan guru mengenai media pembelajaran online, serta orang tua siswa yang merasa kewalahan karena harus menemani anaknya belajar di rumah dan membantu tugas sekolah yang diberikan.
Melihat fenomena banyaknya hambatan yang dialami selama pembelajaran daring, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) hadir dan berusaha memberikan solusi. Kegiatan KKN yang mengusung tema Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (MDBPE-MBKM) yang dilaksanakan oleh sekitar 3.000 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran daring ini.
Program KKN yang dilaksanakan diantaranya pendampingan pembelajaran daring kepada siswa, di mana siswa dapat terbantu dalam memahami materi yang diajarkan di sekolah. Pendampingan ini dilaksanakan baik secara daring maupun luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Adapun program dengan sasaran guru dilaksanakan dengan penguatan pembelajaran dalam mata pelajaran tertentu, di mana guru cukup terbantu dengan bantuan pembuatan dan pelatihan media pembelajaran online. Media pembelajaran tidak dapat dipungkiri merupakan hal yang cukup krusial dan membantu dalam pembelajaran online. Contoh media pembelajaran yaitu google classroom, google form, serta video pembalajaran, di mana media tersebut masih kurang dipahami guru dalam proses pembuatannya.
Program-program KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 dengan siswa, guru, dan orang tua siswa sebagai sasaran programnya diharapkan dapat membantu mengatasi hambatan pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan belajar daring merupakan kebijakan terbaik yang harus dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini. Belajar daring dapat diselenggarakan dengan efektif dan optimal selama masyarakat sekolah dapat memahami hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran online. Selain itu, melalui program KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 semoga pembelajaran daring dapat terlaksana dengan lebih baik dan esensi belajar bisa didapatkan oleh siswa khususnya, dan guru serta orang tua pada umumnya. Seluruh pihak dalam hal ini harus bekerja sama secara aktif demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik lagi, dalam menjawab tantangan dan hambatan belajar daring di masa pandemi.