Mohon tunggu...
Hani
Hani Mohon Tunggu... Freelancer - Peserta Danone Digital Academy 2021 ~ https://www.nisaahani.com/

Hai! Perkenalkan saya Hani, Peserta Danone Digital Academy 2021.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Infomo: Bantu Para UMKM Melebarkan Sayap dengan Tepat

3 Desember 2022   22:36 Diperbarui: 3 Desember 2022   23:39 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semenjak pandemi memang banyak layoff dimana-mana, tapi... saya rasa, semakin banyak yang berdagang, menjadi pengusaha, membuka usaha jasa atau UMKM. Tidak sedikit yang sukses, bahkan pemasukannya lebih dari gaji perbulan. Namanya hidup ya. Dimana ada kesulitan, tetap selalu ada kemudahan.

Dan, pemanfaatan dunia online untuk UMKM pun berperan. Karena memang selama pandemi transaksi bertransformasi menjadi online.

Kalau kalian sudah menggunakan jalur apa aja nih? Ibu saya saja, meskipun belum jago banget memanfaatkan internet atau sosial media, sudah memanfaatkan status wa untuk jualannya.

Melalui status wa atau promosi di grup wa, beliau sudah bisa mendapatkan banyak pelanggan. Jadi, pembeli memesan melalui wa supaya tidak kehabisan, minta tolong diantar ke rumah mereka atau pesan buat dijual lagi.

Iya, semenjak pandemi, usaha ibu saya punya inovasi dengan menambah fasilitas bisa diantar ke rumah. Supaya mempermudah para pembeli, terlebih lagi yang sedang terkena sakit.

Dari status wa saja sudah memperluas market, bagaimana ya jika lebih luas lagi yang tahu jualan ibu saya? Meskipun jika bertambah market, maka dibutuhkan tambahan karyawan. Untuk menambah tenaga produksi, tenaga pemasaran juga. Tapi tidak apalah. Biar makin sukses. Hehe.

Saya pun membantu usaha ibu saya dengan mendaftarkan ke platform-platform online dan membuat sosial medianya. Alhamdulillah dari instagram, ada saja yang tertarik dan memesan.

Sedangkan untuk platform marketplace jujur masih keteteran, jadi belum terlalu diseriusin. Ingin deh rasanya menambah karyawan atau ada yang bantu dalam hal pemasaran/promosi dan juga pendataan jika semakin memperluas market. 

Namun, ketemu orang yang klik buat diajak kerjasama terkadang tidak semudah itu. Duh, gimana ya caranya biar pemasaran optimal di masa transisi sebelum menemukan karyawan yang oke sesuai dengan kriteria.

Untungnya, saat #Kompasianival2022 pada sesi Flash Blogging Infomo, saya dikenalkan dengan Infomo. Ini tuh inovator teknologi untuk periklanan. Jadi, kita bisa dibantu untuk mengiklankan usaha kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun