Mohon tunggu...
Fahmi Choirun Nisa
Fahmi Choirun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - beyond the world

amateur writer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Covid-19 Bikin Pusing? Mahasiswa KKN Undip Mengadakan Sosialisasi Manajemen Stres!

4 Agustus 2021   19:53 Diperbarui: 4 Agustus 2021   20:03 66 1 0 Mohon Tunggu...

Adanya penambahan kasus positif covid-19 di Desa Seloboro, Kabupaten Magelang membuat mahasiswa KKN UNDIP tergerak untuk melakukan sosialisasi mengenai manajemen stress. Sayangnya sosialisasi ini harus dilakukan secara online karena aparat desa setempat tidak mengizinkan untuk mengumpulkan banyak orang. Sosialisasi mengenai manajemen stress diadakan karena pada masa pandemi covid-19 ini masyarakat rentan mengalami stress.

Stres merupakan reaksi mental dan fisik terhadap kejadian atau situasi tertentu yang ada dalam kehidupan yang tidak dapat diprediksi atau dikendalikan oleh diri sendiri. Pada masa pandemi covid-19 ini stress bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti stres akan tugas yang menumpuk, stress karena pekerjaan, stress karena rutinitas yang mendadak berubah, stress karena terinfeksi virus corona, stress karena mendampingi anak sekolah dari rumah dan bahkan stress karena ekonomi.

Stress ini akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain jika kita tidak mampu untuk mengelola keadaan itu. Stres yang tidak tertangani dengan bijak akan berefek pada kondisi psikis dan kesehatan kita, seperti mudah tersinggung, mudah marah, panic buying, bahkan dapat membuat imun menurun. Tentunya hal tersebut harus kita hindari dimasa-masa genting ini. Oleh karena itu, manajemen stress penting dipelajari dan diimplementasikan. Namun, banyak masyarakat desa yang belum paham mengenai cara mengelola stress yang baik. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif untuk melakukan sosialisasi mengenai manajemen stress.

Sosialisasi ini menargetkan ibu-ibu PKK Dusun Seloboro karena kebanyakan dari mereka memiliki peran ganda yaitu sebagai pekerja, ibu, serta istri. Kondisi ekonomi warga di dusun ini didominasi oleh kalangan menengah kebawah dan banyak dari mereka (kalangan orang tua) yang tidak begitu paham dengan teknologi. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi kondisi psikis mereka dan membuat mereka rentan mengalami stress.

Pelaksanaan sosialisasi dilakukan melalui WhatsApp grup ibu-ibu PKK Dusun Seloboro pada tanggal 19 Juli 2021. Pada sosialisasi ini mahasiswa KKN UNDIP menjelaskan materi mengenai apa itu stress, penyebab stress, gejalanya serta cara melakukan manajemen stress. Selain menjelaskan melalui chat/teks mahasiswa KKN UNDIP juga membuat booklet yang kemudian dikirimkan ke grup tersebut.

Walaupun sosialisasi dilakukan secara online namun tidak memadamkan api semangat para ibu untuk menambah wawasan. Hal ini dapat dibuktikan dengan antusiasnya mereka untuk bertanya. Mahasiswa KKN UNDIP berharap agar sosialisasi ini dapat menambah wawasan para ibu mengenai manajemen stress sehingga mereka bisa belajar untuk mengimplementasikan cara mengelola stress di masa pandemi ini. Salam sehat Jiwa!    

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN