Mohon tunggu...
nirmala syafira
nirmala syafira Mohon Tunggu... Bandung, Indonesia

womanpreuneur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Edukasi Daring Pencegahan COVID-19 oleh KKN Tematik Pencegahan COVID-19 MMB UPI

30 Juni 2020   22:00 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:09 6 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi virus COVID-19 tidak menghalangi kegiatan pendidikan untuk tetap terlaksana khususnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kampus Universitas Pendidikan Indonesia. Jika kegiatan pendidikan dan pengajaran dilakukan secara daring atau virtual, begitu pun dengan kegiatan kuliah kerja nyata. Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga, namun di masa pandemi ini, mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dalam program  pengabdian kepada masyarakat melalui KKN Tematik Pencegahan COVID 19  untuk mewujudkan merdeka belajar diharuskan melaksanakan kegiatannya secara online. 

KKN Tematik Pencegahan COVID-19  untuk mewujudkan merdeka belajar ini dilaksanakan secara individu maupun berkelompok di wilayah tempat tinggal mahasiswa. Kegiatan KKN dimulai pada hari Minggu, 17 Mei 2020 hingga Rabu, 17 Juni 2020 dengan durasi minimal 120 jam. Seorang mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, Nirmala Syafira adalah salah satu peserta KKN Tematik Pencegahan COVID-19 untuk mewujudkan merdeka belajar yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Asep Dahliana, S.Pd.,M.Pd. Nirmala melaksanakan KKN di RT 04 RW 09 Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Program kegiatan KKN yang telah terlaksana terdiri dari dua program yang pertama adalah program pendataan penduduk yang diantaranya mencakup pendataan berdasarkan usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan kondisi ekonomi. Selain itu pendataan yang terkait dengan mobilitas masyarakat yang keluar dan masuk wilayah dan pendataan masyarakat yang menunjukan gejala COVID-19, positif COVID-19, meninggal akibat COVID-19 serta warga yang terdampak COVID-19 dalam segi ekonomi.  

Adapun mitra yang mendukung terlaksananya kegiatan KKN yaitu Sekretariat Desa Sukamenak, Ketua RW 09, Ketua RT 04 dan Kepala Sekolah SDN Margahayu 12. Dari program pendataan tersebut diketahui bahwa RT 04 RW 09 Desa Sukamenak termasuk kedalam wilayah zona hijau karena tidak ada warga yang positif COVID-19 maupun ODP dan PDP, namun ada beberapa warga terdampak yang disebabkan oleh sepi pelanggan toko atau usaha, pegawai yang dirumahkan dan PHK. 

Kedua adalah program edukasi Pencegahan COVID-19. Sasaran dari program yang kedua adalah masyarakat dan siswa sekolah dasar yang meliputi kegiatan pembuatan media edukasi dengan mendesain karakter dan tata letak poster digital yang berkaitan dengan COVID-19 melalui akun instagram @KKNPencegahanCOVID19. Selain poster digital ada pula beberapa video edukasi pencegahan COVID-19, diantaranya cara pembuatan handsanitizer dan disinfektan yang di unggah pada laman chanel youtube KKNPencegahanCOVID19. 

Poster digital dan video edukasi juga dibagikan melalui grup whatsapp yang beranggotakan mitra KKN dan beberapa warga RT 04 serta guru dan kepala sekolah SDN Margahayu 12. seiring dengan berjalannya kegiatan edukasi pencegahan COVID-19 secara daring kegiatan lainnya adalah pembuatan APD berupa handsanitizer dan sabun cuci tangan yang dikemas dengan didalamnya terdapat poster 6 langkah mencuci tangan menggunakan air dan sabun. serta pembuatan dan pemasangan spanduk adaptasi kebiasan baru di wilayah RT 04, RW 09 Desa Sukamenak Kabupaten Bandung. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x