Mohon tunggu...
Nirmala Herawati
Nirmala Herawati Mohon Tunggu... Siswa

Perjuangan adalah kunci kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kesehatan

1 Maret 2021   13:38 Diperbarui: 1 Maret 2021   14:13 66 2 0 Mohon Tunggu...

Perubahan cuaca yang sangat ekstrim dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Karena Perubahan iklim akan mengakibatkan perubahan biologis yang secara langsung ataupun tidak. Sehingga adanya peningkatan transmisi beberapa penyakit infeksi. Dan perubahan cuaca yang sangat ekstrem pun akan menyebabkan kematian karena ketidak tahanan jantung serta pembuluh darah terhadap perubahan udara.

Pada musim kemarau atau cuaca panas yang berkepanjangan akan menimbulkan kekeringan dimana mana dan dapat menyebabkan penyakit di dalam pernapasan, karena cuaca panas akan membuat polusi udara yang disebabkan adanya kebakaran hutan. Cuaca panas juga menimbulkan udara yang tidak baik sehingga saluran pernapasan akan terganggu.

Begitupun pada musim hujan yang berkepanjangan maka akan menimbulkan risiko waterborne disease (penyakit yang bisa dibawa air). Karena dengan terus menerus hujan pertumbuhan virus atau bakteri dalam sumber mata air akan semakin meningkat dan biasanya penyakit ini akan terjadi pada kulit.

Tidak sedikit yang mengalami hal tersebut, termasuk masyarakat Indonesia. Adanya perubahan ekstrem dari yang asalnya hujan terus menerus tiba-tiba musim panas datang dan menimbulkan panas yang luar biasa. Tentunya itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Karena adaptasi kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda.

Nama : Nirmala Herawati
Kelas : XII MIPA 5

VIDEO PILIHAN