Mohon tunggu...
Ninna Arifatun Nurul Azizah
Ninna Arifatun Nurul Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Kimia UNS

Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Keseruan KKN Covid-19 UNS Mengedukasi dan Mencoba Hal Baru

7 Juli 2020   11:17 Diperbarui: 7 Juli 2020   11:10 16 2 0 Mohon Tunggu...

(PATI, 30 Juni 2020) Dalam rangka melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selama masa pandemi Covid-19, telah dilaksanakan kegiatan "Relawan Covid-19" dengan tema besar Pendidikan selama Covid-19 yang beralamat di Desa Jambean Kidul RT 05 RW 02, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati.

Kegiatan pembuatan alat ini bekerja sama dengan mahasiswa S1 Teknik Kimia UNS, Rizky Ridlo Ichlasul Amal. Pembuatan alat handsanitizer injak ini menghabiskan waktu selama 5 hari (2 unit alat ) yang dilakukan bersamaan dengan program kerja yang lain.

"Saya membuat alat handsanitizer injak ini dengan harapan dapat bermanfaat di masyarakat khususnya RT 05 RW 02 dalam memutus rantai penularan virus corona", ujar Ninna Arifatun Nurul Azizah (NIM. M0317053) selaku pelaksana kegiatan KKN covid-19 UNS di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. H. Wakit A. Rais, M.Hum.).

Selain membuat tempat cuci tangan, mahasiswa KKN ini juga melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi melalui media WhatsApp, instagram, dan youtube.

Sebagai mahasiswa KKN sekaligus relawan covid-19, kegiatan KKN dilakukan untuk membantu SATGAS Covid-19 dari Desa Jambean Kidul dengan kegiatan pokok membantu pendistribusian masker, pendataan pendatang, sidak dan sosialisasi di tempat -- tempat umum yang pastinya kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah.

Edukasi tentang referensi  kegiatan yang bisa dilakukan saat di rumah aja seperti membuat kerajinan dari botol bekas, menanam juga diajarkan dengan sasaran target anak -- anak di RT 05 RW 02. Edukasi mengenai Pembuatan handsanitizer dari bahan alami dan desinfektan dari pemutih pakaian juga diajarkan oleh mahasiswa Kimia semester 6 ini.

Baginya dapat mengamalkan ilmu yang ia miliki adalah suatu kebanggaan tersendiri. Dengan adanya kegiatan KKN Covid-19 UNS sangat membantu warga setempat untuk lebih peduli akan kesehatan dalam rangka pencegahan covid-19. "Saya sangat senang ada mahasiswa KKN UNS di era pandemi ini yang mau berkontribusi dan mengabdi di desa sendiri.

Hal kecil yang dibuat seperti alat handsanitizer ini sangat bermanfaat jadi bisa digunakan tanpa menyentuh tangan sehingga orang beribadah tidak khawatir virus akan menempel di tangan", ujar Bapak Mintoro selaku Kasie Kesra dan Ketua Takmir Masjid Nurul Iman yang terletak di RT 05 RW 02 Desa Jambean Kidul, Pati. Salah satu kegiatan sidak di pasar juga telah diliput oleh Jamkid News yang diunggah dalam media facebook dan youtube.

Kontak

Ninna Arifatun Nurul Azizah (ninnaarifatun@student.uns.ac.id)

VIDEO PILIHAN