Mohon tunggu...
Shoyo
Shoyo Mohon Tunggu... Atlet - Little Giant
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mikasa is always better than molten

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kenali Karakteristik Gen Z Sang Konsumen Terbesar

7 September 2022   13:37 Diperbarui: 7 September 2022   13:40 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Berdasarkan sensus pedenduduk tahun 2020 saat ini Indonesia di dominasi oleh Gen Z yaitu seseorang yang lahir dari tahun 1997 hingga 2012.  Banyaknya populasi ini lah yang membuat Gen Z menjadi konsumen terbesar saat ini.

Jika kamu ingin membuat usaha yang bergerak di industri F&B, kamu bisa memanfaat potensi dari banyaknya Gen Z di Indonesia dengan mempelajari hal-hal yang menjadi karakteristik Gen Z seperti berikut.


1. Personalisasi

Salah satu karakter dari para Gen Z adalah mereka lebih menyukai sesuatu yang personalisasi, itu lah alasan yang membuatmu harus mempuyai inovasi dalam mendekatkan diri dengan konsumen. Jika kamu dekat dengan para Gen Z maka kamu juga akan mengetahui apa yang mereka butuhkan sehingga kamu bisa menerapkannya dalam bisnis-mu.

2. Tertarik Dengan Isu Sosial dan Brand Lokal

Tidak perlu khawatir dengan usaha yang akan kamu bangun, berbeda dari generasi sebelumnya para Gen Z cenderung lebih tertarik dengan brand lokal yang menawarkan ciri khas mereka. Selain itu berdasarkan media sosial mereka para Gen Z juga cenderung lebih aktif dan tertarik pada perbincangan seputar isu sosial. Untuk mendapat perhatian Gen Z kamu bisa membuat kolaborasi usahamu dengan brand lokal lain untuk suatu event yang berkaitan dengan isu sosial.

3. Kritis dan Analisis

Sifat kritis dan analisis yang dimiliki Gen Z bisa menjadi pedang bermata dua yang kamu miliki oleh karena itu sebaiknya kamu persiapkan baik-baik usaha yang akan kamu rintis jika ingin Gen Z sebagai target utama-mu. Alasannya adalah word of mouth sangat kental di generasi mereka, Gen Z tidak khawatir untuk mengemukakan pendapat mereka kepada orang lain secara apa adanya sehingga antar Gen Z seperti ada kepercayaan terhadap pendapat orang lain. Jadi opini mereka tentang usaha-mu bisa melambungkan maupun menjatuhkan-mu jika kamu tidak melakukannya dengan baik.

Itu lah beberapa karakteristik Gen Z yang perlu kamu ketahui, meskipun mereka adalah mayoritas saat ini namun menggunakan mereka sebagai target pasar tetap susah-susah mudah karena keaktifan mereka di media sosial membuat mereka bisa mengakses apapun dan memperoleh banyak informasi.

---

Referensi

Memahami Gen Z Sebagai Konsumen Terbesar di Dunia F&B

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun