Mohon tunggu...
Nining Maida
Nining Maida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KKN UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI 2021: Pelaksanaan Pembelajaran Daring SD Negeri Cibarengkok-Cianjur

29 Juli 2021   19:06 Diperbarui: 29 Juli 2021   19:12 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UPI 2021: Pelaksanaan Pembelajaran Daring SD Negeri Cibarengkok-Cianjur
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah 1 tahun lebih kegiatan belajar mengajar di Indonesia dilaksanakan secara daring. Hal tersebut merupakan imbas dari penyebaran virus Covid-19 yang masih belum terkendali. Diterapkannnya pembelajaran jarak jauh pada sekolah-sekolah di Indonesia menjadi solusi terbaik untuk mengurangi penyebaran virus ini.

Pengimplementasian pembelajaran daring di SD Negeri Cibarengkok-Cibeber Cianjur Selama 1 tahun ini telah berjalan sesuai dengan anjuran pemerintah. Namun Dilapangan pelaksanaan pembelajaran daring ini mengalami berbagai kendala dan seiring berjalannya waktu bisa teratasi satu persatu walaupun belum maksimal.

Salah satu kendala pembelajaran daring selama 1 tahun di SD Negeri Cibarengkok-Cianjur ini diantaranya keterbatasan kuota internet, jaringan yang belum stabil serta masih banyaknya siswa yang tidak mempunyai smartphone. Beberapa kendala tersebut menjadi penghambat terlaksananya pembelajaran daring di SD tersebut.

Kepala Sekolah dan guru-guru SD Negeri Cibarengkok-Cianjur mensiasati hambatan-hambatan yang ada salah satunya dengan membagikan buku Tema sebagai sumber belajar siswa secara mandiri dirumah. Selain itu, beberapa guru di SD Cibarengkok-Cianjur ini menggunakan media televisi di TVRI sebagai media pembelajaran siswa sebagai program belajar dari rumah yang disediakan oleh Kemendikbud. Program ini menjadi alternatif pembelajaran karena media televisi mampu menayangkan siaran secara langsung sehingga bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh secara massal. Siaran televisi juga dapat digunakan untuk media pembelajaan dalam menyampaikan materi dengan kualitas tinggi kepada siswa secara massal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan