Mohon tunggu...
NINING ROSTINI
NINING ROSTINI Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menulis Artikel untuk Pengembangan Diri

24 Oktober 2018   12:54 Diperbarui: 24 Oktober 2018   13:04 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pepatah "bisa karena biasa" sangat menyentuh untuk mengingatkan saya pada bidang pekerjaan saya sebagai seorang guru sekolah dasar.

Bergelut di bidang pendidikan menuntut saya harus terus meningkatkan ilmu pengetahuan, sebagai modal dalam mengajar. Semakin saya diam, saya akan semakin ketinggalan dan tidak berkembang. Say a harus meningkatkan pola pikir sesuai perkembangan zaman. Zaman now, zaman semakin modern, serba canggih, serba cepat, serba praktis....terus berkembang dan terus berkembang. Tugas gurulah untuk menyampaikan pembaruan zaman ini kepada generasi penerus zaman.

Tugas dari PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) untuk menulis di Blog dan Kompasiana adalah alasan pertama saya mencoba menulis artikel. Alasan kedua, merasa pentingnya menulis artikel untuk diri sendiri adalah untuk pengembangan diri terutama untuk saya belajar cara pandang terhadap suatu topik, dan pola pikir dalam menyikapi suatu topik atau masalah yang dihadapi sesuai dengan perkembangan zaman.

Manfaat menulis artikel :

  • Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.
  • Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.
  • Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi dampak akademis bagi pembaca.(www.dosenpendidikan.com)
  • Yang harus dipersiapkan untuk menulis artikel :
  • Mencari buku dengan online catalog dan card catalog.
  • Memeriksa bahan bahan pustaka yang telah diperoleh.
  • Membuat catatan dari bahan bahan pustaka.
  • Membuat ringkasan dari sumber bacaan yang kita dapatkan.
  • Membuat kutipan.(Imron Rosyadi).
  • Pengalaman pertama menulis artikel, awalnya ragu, sangat kesulitan, kesulitan menuangkan kata kata, tetapi tetap mencoba, berani mencoba adalah proses belajar untuk saya supaya bisa.
  • Modal saya untuk menulis adalah membaca hasil searching dari internet, belajar memilih kata atau kalimat yang harus ditulis.
  • Kesimpulan saya menulis artikel adalah hasil usaha dari membaca yang dituangkan ke dalam tulisan berupa ide, gagasan, untuk mengajak dan memotifvasi diri sendiri dan orang lain untuk memahami sebuah ilmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun