Mohon tunggu...
ninik sumarninanring
ninik sumarninanring Mohon Tunggu... menikah

hobi saya menulis, karena bagi saya menulis akan mengasah kemampuan saya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Tips Berkendara dengan Tenang di Musim Hujan

15 Januari 2020   17:07 Diperbarui: 15 Januari 2020   17:23 34 0 0 Mohon Tunggu...

Musim penghujan telah tiba, pelanggan setia Kalla Toyota juga harus melakukan pengecekan beberapa komponen penting yang menunjang aktivitas berkendara di musim hujan.

Kalla Toyota sebagai founder dealer kendaraan Toyota senantiasa memberikan rasa tenang dan aman bagi pelanggan setianya dalam berkendara. Kalla Toyota menghadirkan kemudahan dengan layanan Kalla Toyota Extra Care (KTEC). Di manapun jika pelanggan mengalami masalah selama perjalanan, teknisi bersertifikat Kalla Toyota akan segera meluncur kelokasi pelanggan. Hotline KTEC dengan nomor 0811-44-14030 dapat diakses melalui layanan telepon, sms, dan whatsapp untuk mendapatkan penanganantanggan dan cepat dalam keadaan darurat.

Kalla Toyota juga senantiasa memberikan rasa aman dan nyaman dengan program after sales berupa gratis perawatan jasa dan suku cadang berkala untuk unit Toyota Rush, Toyota Land Cruiser 200, dan Toyota 86. Program ini berlaku di seluruh bengkel resmi Kalla Toyota yang tersebar di wilayah Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, dan Sulbar. Program ini berlaku untuk servis berkala hingga maksimal 4 tahun atau setara 50.000 km.

"Kalla Toyota di bulan Januari 2020 hadir memberikan promo bagi pelanggan setianya. Pelanggan dapat menikmati diskon jasa servis 20%, part 5%, dan TMO (Toyota Motor Oil) 10%. TMO merupakan pelumas dengan perlindungan terbaik untuk mengoptimalkan performa mesin mobil Toyota pelanggan," ungkap Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota.

Adapun komponen penting yang harus dijaga stabilitasnya adalah sebagai berikut :

1. Rem
Saat hujan, kondisi jalanan akan menjadi licin. Rem kendaraan pun akan bekerja lebih berat dibandingkan sebelumnya. Oleh karenanya, pastikan kampas rem Anda tetap dalam kondisi prima. Pastikan tabung minyak rem tetap terisi dalam keadaan cukup dan tidak terdapat kebocoran pada sistem rem.

2. Wiper
Diluar musim penghujan, wiper kendaraan hampir tidak pernah digunakan. Hal ini berakibat pada kondisi karet wiper yang menjadi mudah robek yang dapat berpengaruh pada fungsinya yakni membersikan permukaan kaca mobil dengan baik. Saat musim hujan, pastikan kerja wiper dan karet wiper dalam kondisi baik. Kondisi karet wiper yang rusak akan membuat hapusan air pada kaca mobil tidak sempurna, dan juga akan membuat baret dipermukaan kaca mobil.

3. Kaki-kaki

Kaki-kaki mobil merupakan bagian dari sistem suspensi dan sistem kemudi pada unit kendaraan pelanggan. Sistem suspensi yang tidak bekerja dengan baik akan membuat mobil susah dikendalikan. Keadaan jalanan yang licin setelah hujan akan semakin membuat system suspensi kendaraan akan terasa semakin tidak optimal. Salah satu tips yang harus dijaga pelanggan adalah rutin melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan kondisi kaki-kaki mobil.

4. Ban

Melajukan dan menghentikan mobil merupakan tugas utama dari komponen ban mobil. Selain itu, ban juga berfungsi untuk mengendalikan arah mobil di jalan. Oleh karena itu, upayakan ban mobil Toyota Anda selalu dalam kondisi prima. Pastikan kembang ban dan tekanan angin ban tetap normal memasuki musim penghujan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x