Mohon tunggu...
Ninin Rahayu Sari
Ninin Rahayu Sari Mohon Tunggu... Jurnalis - https://nininmenulis.com

Former Journalist at Home Living Magazine n Tabloid Bintang Home - Architecture Graduate - Yoga Enthusiast - Blogger at www.nininmenulis.com - Coffee Addict - Morning Person

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

JNE Sebuah Kisah Panjang tentang Kepercayaan

20 Januari 2022   10:44 Diperbarui: 20 Januari 2022   10:49 458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masih ingat tidak produk apa pertama kali kamu beli secara online yang menggunakan jasa pengiriman? Lalu menggunakan jasa pengiriman apa saat itu?

Masih teringat dengan jelas, produk apa yang aku beli pertama secara online, yaitu buku. Saat itu tahun 2005 aku tengah menyelesaikan pendidikan S2 Marketing Management di salah satu universitas di Jakarta. Kuliah sembari bekerja bukan perkara mudah, apalagi menyangkut data teoritis. Buku-buku yang aku butuhkan saat itu tidak semuanya tersedia di toko buku besar sedangkan meluangkan waktu berburu buku sangat tidak mungkin mengingat waktuku terbatas di luar kantor. Membeli buku secara online menjadi solusi yang aku lakukan saat itu. Dengan berbelanja buku online bekerja sembari menyelesaikan kuliah menjadi hal yang mudah dilakukan.

Meskipun kejadian ini sudah 16 tahun yang lalu, masih teringat jelas, karena ketika itu ada salah satu rekan di kantor bertanya, "barang yang dibeli nggak takut hilang, Nin?"

Hal tersebut tidak terpikirkan sama sekali sebelumnya karena aku percaya dengan jasa pengiriman yang aku pilih. Nominal yang aku keluarkan untuk membeli buku secara online hingga aku selesai kuliah, memang tidak sedikit dan itu bersumber dari jerih payah sendiri. Untuk itu aku sangat selektif dalam memilih jasa pengiriman.

Jasa pengiriman yang dipilih haruslah memiliki kemampuan untuk dapat dipercaya (dependability), aman dari risiko dan keragu-raguan, memiliki reputasi perusahaan yang baik, mudah dihubungi, dan terpenting memahami apa yang dibutuhkan pelanggannya.

Sejak pertama kali belanja online aku memilih JNE untuk jasa pengiriman. Bisa dibilang kelulusan aku ada kontribusi JNE di dalamnya. Saat 16 tahun yang lalu bukan hal sulit menjatuhkan pilihan ke JNE, mengingat reputasi JNE yang kepanjangan dari PT Jalur Nugraha Ekakurir merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman barang dengan jaringan terluas di seluruh Indonesia yang sudah ada sejak 1990. Tahun dimana belanja online belum sebanyak sekarang dan JNE memulai usahanya pada kegiatan kepabeanan dan impor kirim barang atau dokumen dari luar negeri ke Indonesia.

Reputasi yang dimiliki JNE menjadi tonggak awal aku menggunakan jasa pengiriman ini. Selanjutnya ada faktor-faktor kenyamanan lain yang akhirnya menjadikan aku semakin 'terlanjur' percaya kepada jasa pengiriman yang satu ini, seperti:

  • Ketepatan waktu pengiriman
    Faktor ketepatan waktu pengiriman awalnya tidak aku pedulikan, yang terpenting saat itu barang sampai dengan baik. Namun jika akhirnya barang yang dikirim tiba dalam waktu yang tepat tentu hal tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri. Hingga akhirnya untuk pembelian online berikutnya aku selalu berpendapat, "pakai JNE saja, waktu pengirimannya jelas dan tepat."
  • Keamanan dalam pengiriman barang
    Untuk keamanan barang, JNE tergolong aman karena menerapkan packing ulang dengan baik untuk melindungi barang kiriman dari air dan guncangan.
  • Kemudahan akses atau lokasi
    Sejak pertama menggunakan jasa pengiriman, JNE satu-satunya yang memiliki akses dan lokasi yang sangat mudah dijangkau karena agennya tersebar di semua daerah. Selain itu logo dan papan nama JNE sangat eye catching sehingga mudah ditemui.
  • Harga yang bervariatif
    Harga yang disediakan oleh JNE sangat bervariatif tergantung layanan yang disediakan, sehingga aku dapat memilih paket jasa yang sesuai dan akan digunakan. Untuk mendapatkan informasi seputar harga pun tak sulit karena semuanya dapat dicek melalui website resmi JNE dan aplikasi MyJNE.
  • Area pengiriman JNE yang tersebar luas
    JNE seakan menjadi solusi yang mempermudah kita mengirimkan produk dari dan kemana saja dengan jangkauannya yang luas dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi tidak ada keraguan sedikitpun saat menggunakan jasa pengiriman satu ini.
  • Layanan pelacakan posisi pengiriman barang JNE
    JNE juga menjadi jasa pengiriman yang menyediakan layanan pelacakan posisi barang atau tracking untuk yang pertama kali. Dengan layanan ini, kita dapat dengan mudah melihat posisi barang apakah sudah tiba pada tujuan atau belum. Penggunaan aplikasi mobile apps MyJNE sangat membantu dalam mengetahui estimasi waktu serta status pengiriman barang secara detail maupun informasi lokasi titik pelayanan terdekat.
  • Asuransi bagi pelanggan
    JNE juga menyediakan asuransi dan penggantian 10x ongkos kirim bagi pelanggan yang tidak menggunakan asuransi. Tersedianya asuransi dan penggantian membuat aku semakin percaya memilih jasa pengiriman JNE.
  • Empati petugas JNE
    Meskipun terlihat sepele, empati petugas JNE yang ditunjukan melalui keramahan dan sikap peduli kepada pelanggan memberikan kenyamanan dan rasa percaya yang terpupuk saat menggunakan jasa pengiriman ini. Dan satu hal yang paling aku suka, petugas JNE satu-satunya yang mengucapkan salam dengan baik saat mengantar barang.

Rasa percaya terhadap JNE yang membuat aku tetap setia menggunakan jasa pengiriman ini sejak 16 tahun lalu. (Foto: Pribadi)
Rasa percaya terhadap JNE yang membuat aku tetap setia menggunakan jasa pengiriman ini sejak 16 tahun lalu. (Foto: Pribadi)

Tidak terasa 16 tahun aku percaya menggunakan jasa pengiriman JNE. Dari yang awalnya membantu menyelesaikan urusan perkuliahan hingga berlanjut memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun gaya hidup mulai dari membeli gadget hingga kosmetik. Semuanya menjadi lebih mudah, jarak dan waktu seakan tidak menjadi kendala sejak kehadiran JNE.

Kini sudah 31 tahun JNE hadir melayani pelanggannya di seluruh Indonesia. Tiga puluh satu tahun bukan usia yang muda, usia seorang pemimpin yang sangat produktif dalam berinovasi melayani konsumennya. Di usianya yang ke-31 JNE memiliki banyak lingkup bisnis, mulai dari jasa pengiriman (courier), penyimpanan dan distribusi (logistic & distribution), transportasi (moving, trucking, air sea cargo), pabean (custom clearance), penjemputan bandara (escort service), dan pengiriman uang (money transfer).

JNE pun menghadirkan banyak pilihan pelayanan mulai dari COD JNE, HARBOKIR (Hari Bebas Ongkos Kirim), Super Speed (SS), PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara), YES (Yakin Esok Sampai), REG (Reguler), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), JNE Loyalty Card (JLC), dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun