Mohon tunggu...
Ninin Rahayu Sari
Ninin Rahayu Sari Mohon Tunggu... Jurnalis - https://nininmenulis.com

Former Journalist at Home Living Magazine n Tabloid Bintang Home - Architecture Graduate - Yoga Enthusiast - Blogger at www.nininmenulis.com - Coffee Addict - Morning Person

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bagaimana Mengaplikasikan Warna Gelap pada Ruangan?

27 September 2021   09:47 Diperbarui: 27 September 2021   10:05 139 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Contoh mengaplikasian warna gelap pada di lantai dan plafon dalam ruangan (Foto: Dok. BintangHome)

Apakah kamu termasuk penyuka warna gelap dan ingin mengaplikasikan warna gelap ke dalam ruangan? Memang tidak mudah memutuskan menambahkan warna gelap ke dalam ruangan ruangan, karena bila tidak berhati-hati justru menimbulkan kesan gelap dan sempit. 

Berbeda dengan fashion dimana warna gelap memiliki fungsi yang sama seperti warna dasar yang dapat dipadankan dengan warna apapun, namun saat diaplikasian di dalam ruangan akan memberikan efek psikologis yang perlu menjadi pertimbangan.

Meskipun tidak mudah mengaplikasian warna gelap ke dalam ruangan, tetapi bukan hal yang tidak mungkin bukan? Ada beberapa cara mengaplikasikan warna gelap sebagai finishing interior ruang. Antara lain dapat mengaplikasikannya pada dinding, plafon, atau lantai. Pertanyaannya sejauh mana warna gelap ini dapat diaplikasikan? Di sini aku bagikan bagaimana pengaplikasian warna gelap berdasarkan kuantitas dan efeknya.

Efek yang tercipta dengan mengaplikasikan warna gelap ke dalam ruangan (Foto: Dok. BintangHome)
Efek yang tercipta dengan mengaplikasikan warna gelap ke dalam ruangan (Foto: Dok. BintangHome)
  • Mengaplikasikan warna gelap pada seluruh dinding dan plafon. Pada metode ini kita hanya menyisakan warna terang pada lantai. Efek yang terjadi adalah hilangnya batas ruang pada ruangan, sehingga memberikan kesan tidak merasa berada dalam ruangan tersebut.
  • Kombinasi warna gelap pada seluruh dinding ruangan dan warna cerah pada plafon dan lantai. Pada metode ini kita akan mendapatkan batasan hotizontal yang jelas namun sekaligus tidak ada batas vertikal ruangan, sehingga ruangan terasa lebih tinggi.
  • Kombinasi warna gelap pada semua dinding ruang, kecuali satu dinding sebagai focal point serta plafond dan lantai bernuansa cerah. Pada metode ini, kita akan mendapatkan ruang dengan kedalaman (in-depth) dan ketinggian (height) yang mengarah pada bidang berwarna cerah. Metode ini cocok dialikasikan pada ruangan yang membutuhkan focal point tertentu.
  • Mengaplikasikan warna cerah pada seluruh dinding ruang, namun menjadikan plafon dan lantai bernuansa gelap. Jika kamu termasuk ke dalam orang yang menyukai hal-hal yang berada di luar kebiasaan maka ini cocok untuk diaplikasikan pada salah satu ruangan. Selain akan mendapatkan plafon bernuansa gelap yang unik, kamu juga mendapatkan ruangan dengan ketinggian terbatas secara jelas dan ruangan terkesan luas. 

Dengan beberapa cara pengaplikasian warna gelap ke dalam ruangan seperti di atas, kita jadi mengetahui efek dan ruangan bagaimana yang diinginkan. Semoga setelah membaca cara mengaplikasikan warna gelap ke dalam ruangan, dalam membantu kamu yang ingin mendekor kembali ruangan agar tampil fresh. Selamat mencoba!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan