Mohon tunggu...
Ninik Haryati
Ninik Haryati Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Menyukai konten edukasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Aksi Nyata - Modul 1.3 - Visi Guru Penggerak - Ninik Haryati

7 Desember 2022   10:32 Diperbarui: 7 Desember 2022   10:35 559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI AKSI NYATA -- MODUL 1.3 -- VISI GURU PENGGERAK

Nama                          : Ninik Haryati, S.Pd.

Fasilitator                  : Suyatno, S.pd, M.Pd.

Pengajar Praktik     : Dr. Dhina Luvitasari, S.Pd.,M.Pd.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Materi dalam  Modul 1.3 ini  adalah Visi Guru Penggerak. Saya memiliki harapan-harapan terhadap murid saya di masa depan yang saya susun ke dalam Visi Guru Penggerak. Visi Guru Penggerak saya adalah "Mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mandiri, berakhlak mulia, kreatif, cerdas dan penalaran kritis"

Implementasi dalam mewujudkan  Visi

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya melakukan pembiasaan beribadah sehari-hari seperti berdoa dan beribadah salat
  • Mandiri,  pembiasaan yang saya lakukan adalah dengan membersihkan tempat bermain dan merapikan mainan
  • Berakhlak mulia, pembiasaan yang saya lakukan adalah dengan pembiasaan senyum salam sapa
  • Kreatif,  memberikan kesempatan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya dalam berkreasi menghasilkan berbagai karya
  • Cerdas dan bernalara kritis, memantik anak dalam berpikir cepat tepat akurat dan kritis

Visi yang saya susun kemudian diturunkan ke dalam prakarsa perubahan melalui A-T-A-P

  • Aset atau awal, kreativitas anak dalam berkarya
  • Tantangan, mengarahkan kreativitas anak ke dalam menciptakan karya
  • Aksi,i membantu anak berlatih atau praktik membuat berbagai karya dengan berbagai media atau alat
  • Pembelajaran, anak merasakan kebahagiaan menghasilkan sebuah karya hasil kreativitasnya sendiri dan menyadari pentingnya mengembangkan kreativitas diri

Setelah melewati tahapan A-T-A-P terciptalah prakarsa perubahan.

Prakarsa perubahan saya "Meningkatkan kreativitas anak dalam menghasilkan Karya"

Dalam mewujudkan visi yang telah diturunkan ke dalam prakarsa perubahan dilakukan dengan  manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif dengan tahapan-tahapan BAGJA yaitu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun