Ningstami Tami

Terus Melangkah...

Sailing Komodo Day 1

15 Agustus 2016   11:31 Diperbarui: 15 Agustus 2016   11:56 64

Perjalanan dimulai sekitar jam 07.00 WITA. Pagi itu Pelabuhan Labuan Bajo ramai sekali. Tetangga kanan kiri kapal juga sedang bersiap-siap untuk berlayar. Laut sangat bersahabat, ombaknya tenang, saya pun merasa nyaman menikmati perjalanan sailing komodo kali ini. Perlahan-lahan kapal meninggalkan Pelabuhan Labuan Bajo menuju pulau Kelor. Terlihat gugusan pulau-pulau kecil nan cantik di sepanjang perjalanan. Ada yang tampak hijau kecoklatan, kemerahan bahkan silver ketika terkena sinar matahari. Cantik banget.

Berlayar
Tidak berapa lama kemudian kapal merapat di pulau Kelor. Pulaunya kecil mungil, namun indah. Air lautnya sebening crystal, takjub saya dibuatnya. Gradasi warnanya sungguh memikat mata. Pasir pantainya putih bersih. Infinity view pulau Kelor ini ada di puncak bukitnya. Namun perjalanan menuju puncak bukitnya sungguh menantang. Pengunjung harus melewati jalan setapak dengan tanjakan terjal, tak tampak semak-semak yang bisa ditarik sebagai pegangan saat trekking. Melihat medan yang begitu menantang, saya memutuskan berhenti ditengah-tengah perjalanan, ngeri banget melihat tanjakannya, apalagi mikirin ntar pas turunnya bagaimana? Deuhhhh, lutut rasanya langsung ngilu saja. Saya memilih explorasi pantai saja akhirnya.

Merapat di Pulau Kelor

Infinity view ada di puncak bukit itu

View from the top
Destinasi kedua adalah Loh Buaya atau Pulau Rinca, pas datang pengunjung lagi ramai banget, jadi menuju pintu gerbangnya musti transfer antar kapal gitu. Waktu masuk hutan kami ditemani oleh 2 (dua) orang ranger, di depan dan di belakang rombongan. Sebelum berangkat sailing kemaren sempat kepikiran sepertinya lebih baik saya ga ikutan lihat komodonya deh. Ngeri-ngeri takut gitu. Begitu merapat ke pulau Rinca takutnya kalah sama excited. Baru sebentar masuk kawasan hutan kami bertemu komodo, semakin dalam mendekati tempat dimana biasa komodo disediakan makan komodonya semakin banyak jumlahnya, ada sekitar 3 komodo berkumpul disana. Disini rombongan kami berhenti cukup lama, masing-masing peserta mendapat kesempatan berfoto dengan komodo. Safety first ya, kami tetap menjaga jarak aman dari komodo kok dan tidak berani jauh-jauh dari rangersnya.
Pulau Rinca

Komodo di Pulau Rinca

Savana
Perjalanan berlanjut, ketemu sama komodo yang lagi jalan-jalan gitu deh. Selain komodo di kawasan taman nasional ini juga tampak rusa dan beberapa jenis burung. Taman Nasional Pulau Rinca ini vegetasi tanamannya tidak seberapa lebat.Beberapa waktu kemudiam kami melewati padang savanna yang luas, keren banget viewnya. Disini jalur short trekking, medium dan long trekking berpisah. Buat yang short trekking seperti rombongan kami langsung turun, namun yang medium dan long trekking masih harus trekking lagi melintasi bukit savanna. Begitu turun bukit ada souvenir shop yang bisa didatangin, minum sambil melemaskan kaki yang kaku setelah naik bukit menjadi pilihan yang tepat.
Komodo National Park

Trekking

Destinasi ketiga adalah Loh Liang atau Pulau Komodo, jarak dari dermaga menuju office tempat kami melapor cukup jauh. Kali ini kami ditemani oleh 3(tiga) orang ranger, taman nasional komodo ini vegetasi tanamannya lebih lebat dan bervariasi. Untungnya jalur trekkingnya datar-datar saja. Beberapa saat setelah berjalan akhirnya bertemu komodo di dekat sumber air. Ada tiga jumlahnya. Di akhir trekking rombongan kami bertemu lagi dengan komodo yang sedang santai di tepi pantai. Kekinian banget dah. Sesekali tampak rusa melintas di depannya. Sementara itu dikejauhan tampak kapal pesiar Dawn Princess sedang berlabuh.
Pantai Pink di Kala Senja
Destinasi berikutnya yang rombongan kami singgahi adalah Pantai Pink Komodo. Pantai Pink ini masih di Pulau Komodo, peserta diharap berhati-hati jikalau tiba-tiba ada komodo yang muncul. Sayangnya waktu senja warna pinknya tidak begitu tampak, tersamarkan oleh warna jingga senja hari. Puas berenang dan maen air rombongan bergerak ke Pulau Kalong, sayangnya pas sampai sana udah malam dan gelap pekat jadi tidak sempat menikmati view ribuan kalong yang keluar sarang berburu makanan. Malam itu kapal menepi di pulau Kalong Komodo, bermalam disitu, keesokan paginya melanjutkan perjalan ke Pulau Padar.