Mohon tunggu...
Rahayu Ningsih
Rahayu Ningsih Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa PAI

Be as yourself as you want

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Konsep Psikologi Perkembangan terhadap Anak-anak

20 April 2021   22:42 Diperbarui: 20 April 2021   23:27 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IMPLEMENTASI KONSEP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN TERHADAP KANAK-KANAK

Rahayu Ningsih

Jurusan Pendidikan Agama Islam

Universitas Islam Negeri Walisongo

Rahayu_1903016032@student.walisongo.ac.id

A.Pendahuluan

Psikologi perkembangan merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mana ilmu ini mempelajari tentang perkembangan dan aspek kejiwaan manusia seperti tingkah laku manusia dalam hubunganya dengan pertumbuhan fisiknya baik organ bagian dalam maupun organ bagian luar, dan juga perkembangan mental psikologis yang terjadi pada diri anak yang mencakup segala aspek mental psikologis anak, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, kecerdasan, sifat sosial, moral, agama, sikap, reaksi dan mental maupun reaksi psikologis lainnya

Semua manusia memiliki siklus kehidupan, setiap siklus yang di milikinya berkembang dari tahun ke tahun, baik perkembangan fisik maupun psikologinya. Tidak hanya orang tua, anak-anak juga memiliki proses pertumbuhan dan perkembangan yang setiap anak berhak memiliki pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik dan psikologinya.

Adapun orang tua dalam mendidik anak dari bayi, balita hingga masa kanak-kanak memiliki siklus perkembangan secara bertahap, interaksi sosial pertama kali yang dilakukan anak-anak adalah masa taman kanak-kanak.Taman kanak-kanak adalah anak yang berada dalam rentang usia 4-6 tahun, merupakan sosok individu yang sedang di dalam fase berkembang. Perkembangan anak merupakan proses perubahan prilaku dari tidak matang menjadi matang, dari sederhana menjadi kompleks. Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan dimana anak belajar menguasai tingkat yang lebih tinggi dari aspek-aspek : gerakan, berpikir, dan interaksi baik dengan sesama maupun dengan benda-benda dalam lingkungan hidupnya.

Dalam rangka memfungsikan pada tahap-tahap perubahan yang menyertai perkembangannya, anak-anak harus belajar melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu umpamanya kebiasaan belajar berjalan dan berbicara dengan teman seumurannya.

B.Konsep Psikologi Perkembangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun