Mohon tunggu...
Ningrum Ahmadi
Ningrum Ahmadi Mohon Tunggu... Pribadi

Penyuka Travelling

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Kehadiran Litbang Kemhan Upaya mendukung Kemandirian Alutsista

3 Agustus 2020   14:08 Diperbarui: 3 Agustus 2020   14:10 94 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kehadiran Litbang Kemhan Upaya mendukung Kemandirian Alutsista
115b9d21b85b0552ddfd76168af2512b-1-5f27b93f097f3632794fbad2.jpg

Mimpi besar Indonesia menjadi negara yang berdiri di atas kaki sendiri, mandiri lewat karya anak bangsa memerlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, baik pemerintah maupun lembaga negara non pemerintah dan sektor swasta terus bahu membahu mewujudkan mimpi tersebut.

Dari sisi pemerintah, Kementerian Pertahanan memiliki Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), begitupun dengan Litbang di lingkungan institusi militer.

Banyak pengamat yang menilai Litbang Kemenhan dan di institusi militer  sangat strategis, diibaratkan sebagai think thank-nya dalam konteks Indonesia.

Litbang Kemenhan dan di TNI dibutuhkan kehadirannya untuk mendukung kemandirian alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Dengan kemandirian itu, Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang dikenal dalam produksi alutsista.

Upaya kemandirian alutsista itu sempat menjadi perhatian seorang pengamat pertahanan dari Universitas Indonesia, Stanislaus Riyanta. Menurutnya langkah yang dilakukan Menhan Prabowo Subianto yang memborong Alutsista dan amunisi buatan Pindad adalah bagian dari upaya untuk membangun kemandirian alat pertahanan Negara.

sumber : http://www.koran-jakarta.com/litbang-pertahanan-harus-dukung-kemandirian-alutsista/

Langkah Menhan Prabowo ini dinilai sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo untuk mengutamakan belanja produk dalam negeri. Upaya ini tentu mendapatkan dukungan penuh, kita tentu berharap kepemimpinan Menhan Prabowo Subianto dapat mewujudkan kemandirian Alutsista.

VIDEO PILIHAN