Mohon tunggu...
Nindy Dwi Royani
Nindy Dwi Royani Mohon Tunggu... Mahasiswa - 23

Bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Identitas Nasional Negara Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa

28 Oktober 2021   02:55 Diperbarui: 28 Oktober 2021   02:59 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Negara Indonesia, salah satu negara yang memiliki keunikan daripada negara lain. Negara Indonesia memiliki keanekaragaman suku, budaya, agama, dan bahasa. Keanekaragaman negara Indonesia mencerminkan identitas nasional atau jati diri negara Indonesia. Dalam keanekaragaman kita mempunyai satu tujuan untuk kemajuan negara Indonesia. keragaman tersebut juga membuat warga negara Indonesia tetap menjadi negara kesatuan yang damai dan mengedepankan toleransi. Hal tersebut juga pembelajaran dari orang terdahulu yang sudah menerapkan kerukunan sesama manusia.

Dalam sejarah negara Indonesia, kita dapat mempelajari tentang bagaimana para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Dengan keberanian dan kegigihan mereka kita dapat menikmati kehidupan yang lebih baik, tenteram tanpa ada kekerasan. Selain itu, juga dengan keberhasilan para pahlawan negara kita dapat merdeka, serta memiliki identitas nasional. Dengan kemerdekaan Indonesia, negara kita sampai sekarang diakui keberadaannya sebagai negara yang beridentitas. Identitas nasional negara Indonesia, merupakan apa yang telah disepakati para pahlawan terdahulu yang mencerminkan jati diri negara bangsa Indonesia.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang identitas nasional negara Indonesia kita lebih dahulu membahas tentang identitas itu sendiri. Identitas adalah ciri-ciri sesuatu yang mencerminkan jati dirinya. Sedangkan identitas nasional adalah di mana suatu ciri yang dimiliki suatu negara, yang membedakan dari negara lain. Dalam ha ini, negara Indonesia memiliki banyak keunikan contohnya yaitu bahasa Indonesia. 

Namun nyatanya, masih banyak masyarakat yang belum menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan kebiasaan masyarakat yang sudah terjadi lama sehingga sulit mengubahnya. Walaupun sudah mengetahui, yang benar dalam pengucapan maupun penulisannya.Selain bahasa Indonesia masih banyak lagi, contoh identitas nasional negara Indonesia. Kita membahas dahulu tentang identitas nasional negara Indonesia.

Dalam pembelajaran saat di sekolah pastinya kita sudah mendapatkan ilmu tentang identitas nasional, terlebih pada pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Hal tersebut harusnya menjadi modal kita untuk memahami identitas nasional negara Indonesia. Tidak hanya memahami, tetapi juga merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini juga akan membahas tentang contoh identitas nasional negara Indonesia. Contoh identitas nasional negara Indonesia yaitu:

Pertama Bahasa Nasional atau bahasa persatuan atau utama dalam negara Indonesia yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan dalam acara formal, tetapi juga digunakan dalam berkomunikasi dengan berbagai masyarakat yang berasal dari berbagai daerah. Hal tersebut dikarenakan, negara Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang beragam. Namun meskipun Bahasa Indonesia wajib di negara ini, tetapi pada kenyataannya belum sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Kedua Bendera Nasional yaitu bendera kebanggaan negara Indonesia, bendera Sang Merah Putih. Bendera Merah Putih dijahit oleh Fatmawati di awal kemerdekaan. Bendera Nasional terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih yang mencerminkan jati diri negara Indonesia. Warna merah berarti berani dan putih berarti suci. 

Namun ada sedikit kasus yang terjadi, pada 17 Agustus yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, ada seorang warga yang mengibarkan bendera lain. Seseorang tersebut beralasan mendukung suatu negara tersebut. Namun, perbuatan tersebut tidak tepat, karena dengan kita mengibarkan bendera Merah Putih kita menghormati para pahlawan terdahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

Ketiga Lagu kebangsaan, yaitu lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya, yaitu lagu kebangsaan negara Indonesia. Oleh karena itu, pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita. Kita sebagai warga negara Indonesia pastinya sudah hafal dengan lagu ini. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh W.R Supratman. 

Keempat Lambang Negara, yaitu Garuda Pancasila. Garuda Pancasila memiliki keunikan dari yang lain, hal tersebut terletak di banyaknya bulu Garuda Pancasila yang melambangkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.  Garuda Pancasila terdiri dari 17 helai bulu di sayap masing-masing, 8 helai bulu di Ekor, 19 helai bulu di bawah perisai atau pangkal pada ekor, dan 45 helai bulu di leger Pancasila juga memuat kelima sila Pancasila dan Semboyan kita yaitu negara Indonesia.

Kelima Semboyan Negara, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan ini, yang membuat warga negara Indonesia tetap rukun, dan saling bertoleransi. Semboyan tersebut berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya keragaman di negara Indonesia, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memajukan negara Indonesia agar masyarakat sejahtera. Dalam memajukan kesejahteraan negara Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus ikut bagian dalam mensejahterakan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan