Mohon tunggu...
Ninda N Ainundita
Ninda N Ainundita Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Nyctophile dan Selenophile

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Evaluasi untuk Pengembangan APE

8 November 2021   12:06 Diperbarui: 8 November 2021   12:20 385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penilaian aspek perkembangan pada alat permainan edukatif tersebut harus terukur, berkelanjutan dan menyeluruh sesuai perkembangan anak antara lain, yaitu : pertama fisik motorik baik motorik halus dan motorik kasar mencakup kondisi fisik dan sensori anak berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya ketika belajar melalui alat permainan edukatif seperti menulis, meletakkan benda, melipat. 

Kedua yakni aspek perkembangan bahasa mencakup anak dapat memahami dan berinteraksi melalui bahasa lisan maupun tulisan ketika belajar melalui alat permainan edukatif seperti buku bergambar, mengucapkan suatu kalimat dengan benar dan lain-lain. 

Ketiga, aspek perkembangan kognitif mencakup kematangan anak dalam berfikir dalam konteks bermain alat permainan edukatif seperti mengenal bentuk atau ukuran, warna, suara melalui puzzle, boneka, dan lain-lain.

Penilaian dari fungsi alat permainan edukatif diatas dapat kita pahami bahwa mengembangkan atau menstimulus setiap aspek perkembangan baik fisik motorik, bahasa dan kognitif pada anak usia dini penting untuk dievaluasi atau dinilai karena dengan evaluasi atau penilaian setiap proses perkembangan anak dapat dijadikan perbaikan terhadap perkembangan selanjutnya dan guru dapat merancang kembali alat permainan edukatif sesuai dengan stimulus aspek tersebut.

Evaluasi secara umum merupakan salah satu komponen kegiatan yang telah dilalui oleh anak, bagaimana kegiatan tersebut telah dilakukan dan kegiatan apalagi yang mungkin dilakukan. Informasi tersebut bisa untuk digunakan sebagai bahan untuk menentukan ketercapaian setiap anak dalam mengikuti setiap kegiatan pelaksanaan program dan keberhasilan dalam kegiatan tersebut. 

Berdasarkan informasi tersebut, guru menentukan kegiatan belajar berikutnya baik untuk semua anak maupun untuk anak secara individu. Menurut Moechlication menjelaskan mengenai komponen-komponen evaluasi yang terdiri dari :

1. Memilih apa yang akan dievaluasi, kemudian menentukan siapa yang akan dievaluasi dan dalam situa siapa evaluasi itu dilakukan.

2. Menentukan tujuan evaluasi secara jelas. Mengetahui alasan mengapa kita mengadakan evaluasi dan manfaatapa yang dapat ditarik dari kegiatan evaluasi tersebut.

3. Menentukan bagaimana cara memperoleh data evaluasi tersebut. Misalnya, melalui observasi atau tanya jawab.

4. Mengetahui kegunaan evaluasi yang diperoleh.

5. Menyatakan tujuan kegiatan secara jelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun