Mohon tunggu...
Ninda Damayanti
Ninda Damayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Surabaya

Tetap Semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Bangsa

28 Oktober 2021   08:28 Diperbarui: 28 Oktober 2021   08:30 230 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai alat berkomunikasi. Bahasa Indonesia memilki perjalanan yang cukup panjang agar diakui sebagai bahasa nasional negara Indonesia. 

Dengan disahkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa negara maka bahasa Indonesia memiliki peran penting sebagai lambang dan jati diri bangsa Indonesia. 

Fishman (2003:05) mengatakan bahwa proses penerimaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dan nasional adalah sebuah keajaiban karena penutur yang bukan penutur bahasa Indonesia sukses menerima bahasa Indonesia yang bukan bahasa ibu mereka menjadi bahasa pemersatu dan bagian dari identitas mereka.

Sejatinya bahasa adalah deretan bunyi yang digunakan manusia sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam masyarakat tidak jarang timbul rasa memiliki, sehingga penerimaan bahasa yang dianggap asing tidak selalu berjalan dengan baik. 

Dalam kajian sosiolinguistiak bahasa tidak hanya sebagai sistem bunyi, namun dilihat sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dan melekat pada manusia atau masyarakat. Edward (2009:54) mengatakan bahwa ada hal lain dari bahasa selain fungsinya untuk berkomunikasi artinya ada hubungan lain antar bahasa untuk menunjukkan adanya hubungan bahasa dengan identitas.

Bahasa dan identitas memilki hubungan yang sangat erat, dalam suatu negara, bahasa menjadi bagian penting bagi budaya bangsa tersebut. Menurut Goebner (2009:16) kata identitas merujuk pada kepemilikan secara subjektif pada diri sendiri penanda klasifikasi bagi diri sendiri atau kelompok serta dapat digunakan sebagai penanda keanggotaan seseorang dalam sebuah kelompok. 

Seperti halnya Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika (Berbeda -- beda tetapi tetap satu jua) Indonesia sadar dengan banyaknya budaya sehingga memiliki keberagaman bahasanya, tetapi hal ini diaplikasikan dengan baik sehingga tidak tergesernya bahasa daerah oleh bahasa Indonesia yang sudah dijamin didalam undang-undang negara Indonesia tentang pemeliharaan bahasa Indonesia.

 Bahasa daerah biasanya digunakan berkomunikasi dengan kelompok atau kerabat saja, namun bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi dalam sekala yang lebih luas. Penguatan identitas bangsa Indonesia dapat dilakukan melalui penggunaan bahasa Indonesia, selain itu penggunaan bahasa Indonesia oleh seluruh rakyat Indonesia akan menmbulkan rasa kepemilikan yang sama terhadap bahasa Indonesia diantara masyarakat Indonesia yang beragam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan