Mohon tunggu...
Ninda Bundiani
Ninda Bundiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Education is an interesting thing to explore.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Upaya Meningkatkan Sanitasi Lingkungan terhadap Anak Sekolah Dasar Melalui Poster dan Stiker

10 Agustus 2022   20:12 Diperbarui: 10 Agustus 2022   20:27 180 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi kegiatan edukasi/dokpri

Pertama kalinya COVID-19 dilaporkan masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2022 di Depok, Jawa Barat. Adanya wabah ini pada 27 Juli 2020 melalui kanal resmi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang berada di bawah Kementrian Pendidikan dan Budaya dan Direktorat Perguruan Tinggi, melakukan sosialisasi terkait sistem Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan secara tematik dengan tema covid-19, Literasi dan Numerasi. 

Dengan adanya program KKN ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa dengan latar belakang program studi yang berbeda, untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya, dapat berkolaborasi dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan melalui keterlibtan mahasiswa.

Pada tahun ini Universitas Pendidikan Indonesia juga menyelenggarakan KKN Tematik yang berlangsung dari tanggal 11 Juli hingga 10 Agustus 2022, mahasiswa dikelompokan berdasarkan domisili masing-masing. 

Dengan tema besar yang diusung tahun ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”. Setelah mahasiswa mendapatkan data kelompok dan tema kelompok nya masing-masing, mahasiswa diarahkan untuk menentukan Desa mana yang akan dijadikan sasaran program.

Dalam program KKN Tematik UPI 2022 ini, untuk kelompok 84 mendapatkan tema “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi”. Tema ini memiliki 16 indikator penting yang bisa digunakan sebagai acuan program yang akan dilaksanakan. Salah satu indikator adalah mengenai sanitasi, sudah kita ketahui sanitasi dapat dijadikan upaya mewujudkan gerakan masyarakat Indonesia sehat. 

Sanitasi sekolah adalah langkah awal mewujudkan lingkungan belajar yang sehat dan akan memicu meningkatkan kesehatan kepada anak didik. Maka dari itu salah satu program yang dilaksanakan oleh kelompok 84 adalah “Upaya meningkatkan Sanitasi Lingkungan Terhadap Anak Sekolah Dasar Melalui Poster dan Stiker”. 

Kegiatan ini berlangsung pada Jumat (5/8/2022) di SD Negeri Cigugur Tengah Mandiri 1, yang beralamat di Komplek PSRPD No.23, Jl. Jendral H. Amir Machmud Jalan Komplek BPSPC No.23, Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40522.

Sebelum melaksanakan program edukasi ini sudah dilaksanakan Sosialiasi mengenai informasi sumber daya air dan air bersih kepada seluruh siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri Cigugur Tengah Mandiri 1, yang dilakukan dengan metode pembelajaran interaktif disetiap kelas. 

Sebelum sosialisasi ini dilaksanakan setiap siswa diperintahkan untuk mengisi Pre test dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan mereka terhadap materi yang akan dibawakan, begitu pula setelah selesai kegiatan sosialisasi, setiap siswa diperintahkan untuk mengisi Post test dengan tujuan untuk mengetahui apakah materi yang telah disampaikan dapat diterima dengan baik. 

Untuk hasil akhir sendiri membuktikan bahwa rata-rata 90% siswa telah dapat menerima dengan baik materi yang dibawakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan