Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengembangkan Masyarakat Digital Melalui Jaringan Indihome

10 Juli 2022   14:53 Diperbarui: 10 Juli 2022   15:07 221 54 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
SUMBER: https://geotimes.id/

Dewasa ini perkembangan teknologi informatika sangat pesat dan mempengaruhi perkembangan sosial masyarakat. Tatanan kehidupan sosial mulai berubah dan mengarah pada kehidupan masyarakat modern. Masyarakat digital adalah masyarakat yang pola interaksi  mengandalkan pemanfaatan teknologi digital, komputerisasi dan jaringan internet.

Ciri-ciri dari masyarakat digital adalah penggunaan teknologi digital yang sangat tinggi dan mencakup berbagai sektor kehidupan, kebutuhan informasi masyarakat digital sangat tinggi, terciptanya lapangan kerja di bidang teknologi komputer yang sangat besar,

Gambaran itu sudah jelas terlihat dalam masyarakat sekarang ini, contoh: banyaknya toko-toko on line yang menggunakan jaringan internet, pembelajaran dengan menggunakan mode daring, banyak fitur-fitur komunikasi yang menggunakan jaringan internet. Manfaat internet memang meluas di berbagai sektor kehidupan.

Pilar Masyarakat Digital 

Ada beberapa pilar yang harus diperhatikan oleh masyarakat pengguna jaringan internet atau biasa kita sebut pilar masyarakat digital, di sebut pilar karena dapat menyangga pengaruh buruk dari merebak  teknologi digital yang digunakan masyarakat.

  1. Digital Citizenship yaitu penggunaan sistem digitalisasi untuk pelayanan publik dan pemerintahan, contoh: pembuatan SIM On Line, pembuatan NPWP on line.
  2. Digital Lifestyle yaitu penggunaan sistem digitalisasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, contoh komunikasi dengan saudara, chat dengan teman melalui aplikasi.
  3. Digital Comerece yakni pemanfaatan sistem digital untuk kepentingan ekonomi dan bisnis, contoh menjamurnya --comerce yang ada di Indonesia.

Manfaat Internet 

Internet memiliki manfaat yang besar dalam mengembangkan masyarakat digital antara lain:

  1. Memberikan kemudahan dalam mencari informasi yang dibutuhkan atau berbagi informasi dengan pengguna lain. . Kemudahan mencari informasi ini berimbas akan semakin banyaknya informasi yang diperoleh pengguna internet dan akan semakin luas wawasan yang dimiliki.
  2. Internet dapat digunakan sebagai sumber belajar. Para pelajar akan mudah dalam mencari referensi yang dibutuhkan selain referensi bentuk buku.
  3. Penggunaan internet yang bijak dapat membuka jendela dunia. Kemudahan ini harus dibarengi dengan pengamanan yang memadai, khususnya bagi para pengguna yang masih di bawah umur agar situs-situs yang tak bertanggung jawab tidak bisa diakses oleh mereka.
  4. Memberikan kemudahan akses saat melakukan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan jaringan.
  5. Memberikan kemudahan komunikasi dengan klien, rekan kerja, saudara dan keluarga meskipun berada di tempat yang jauh.
  6. Menjangkau konsumen yang lebih luas. Hal ini dapat terjadi bila kita menggunakan internet sebagai salah satu media memperluas jaringan bisnis kita.
  7. Memudahkan administrasi kantor dan keuangan. Sekarang ini orang tidak perlu cape antre di bank. Mereka cukup membuka situs M-Banking dan transaksi dapat dilakukan secara mobile.
  8. Internet akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mencari lokasi, alamat atau posisi seseorang.
  9. Sarana hiburan. Internet memiliki jaringan yang dapat mengakses website-website hiburan, seperti TV on line, bioskop on line.  

Unsur-unsur penting dalam mengembangkan masyarakat digital sesuai dengan pilar-pilar yang dikembangkannya adalah tersedianya jaringan internet. Jaringan internet ini bisa didapat dengan berbagai cara, antara lain: pembelian kuota yang berasal dari berbagai provider dan pemasangan jaringan internet di rumah-rumah.

PT. Telkom Indonesia mengadakan program pengadaan jaringan internet ke rumah-rumah dengan paket Indihome.  Paket Indihome memberikan kemudahan kepada para pelanggan untuk mengakses sumber-sumber informasi yang dibutuhkan. Program Indihome pun membantu para pengguna untuk memilih paket sesuai dengan kocek yang dimiliki. Dan yang paling hebat, Indihome ini sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai penawaran program yang menarik.

Mengapa saya memasang Indihome?

 Saya memasang Indihome karena harga langganan sesuai dengan kantung saya. Perbandingan dengan membeli kuota dari provider, Indihome adalah satu-satunya pilihan. Selain itu Indihome menawarkan program Two In One (pemasangan internet plus telepon, internet plus televisi) dan program Tree In One (pemasangan internet.  telepon dan TV). Jaringan internet dari Indihome stabil sehingga saat melakukan pembelajaran atau sedang melakukan aktivitas on line tidak terganggu.

Jaringan yang stabil akan menciptakan masyarakat digital yang ahlii. Indihome dari Telkom Indonesia memang tiada duanya dan menjadi internetnya Indonesia. Yang sana putus, Indihome setia terus.

Referensi:

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan