Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Mengatur Pola Hidup Sehat

13 Mei 2022   23:45 Diperbarui: 14 Mei 2022   21:30 179 34 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
pola hidup sehat. sumber: hot.liputan6.com

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh sehat dapat dilakukan dengan mengatur pola hidup

Kamis,11/5/2022 lalu saya pergi ke salah satu rumah sakit swasta di Sukabumi untuk mengobati anak bungsu ke dokter THT. Saat tiba di rumah sakit, antrean pendaftaran sudah cukup banyak. Butuh waktu setengah jam agar saya bisa dilayani oleh petugas. Saat itu saya memanfaatkan kartu JKN-KIS yang saya miliki.

Sudah lima tahun kartu itu tidak saya gunakan. Aturan dan prasyarat dalam pemanfaatan kartu tersebut ada perubahan sehingga saya cukup bingung menjalani prosesnya. Pasien dengan berbagai keluhan cukup banyak saat itu, khususnya pasien penyakit dalam, dan jantung yang antreannya cukup banyak.

Saya mengantarkan anak yang bermasalah di telinganya. Proses pendaftaran sampai dengan pengambilan obat cukup memakan waktu dan membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Saya mulai mendaftarkan pada pukul 11 dan selesai sampai pengambilan obat pukul 14. Saya dan anak harus bersabar karena pastinya ingin sehat. Begitu pula dengan para pasien yang datang berobat saat itu.

Banyaknya pasien di rumah sakit tersebut menunjukkan bahwa penyakit yang beraneka macam itu mudah menghinggapi siapa saja. Penyakit bisa saja datang tak pernah diundang dan tak tahu kapan waktunya.

Ada pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Peribahasa tersebut memang benar. Lebih baik kita mencegah penyakit dengan pola hidup sehat. Namun, kita kerap melupakan pola hidup sehat tersebut. Perilaku yang jauh dari prinsip hidup sehat kerap kita jalankan. Ketika sakit, biasanya orang baru merasakan bahwa nikmat sehat itu sangat berharga.

Apa saja pola hidup sehat yang harus dijalankan?

Pola hidup sehat adalah gaya hidup dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan seseorang dengan memerhatikan aspek-aspek kesehatan, seperti: makanan bergizi dan minuman non alkohol, pola perilaku dan interaksi sosial, serta kebiasaan olah raga.

Ada tiga hal agar kita terbiasa melakukan pola hidup sehat:

  • Melakukan olah raga secara teratur.

Olah raga dapat membantu untuk mengurangi lemak yang ada dalam tubuh. Unsur berat badan manusia ada lima: tulang, otot, air, organ, dan lemak. Sebaiknya unsur yang kelima harus dapat dikendalikan.

  • Makan teratur dan konsumsi makanan yang sehat.

Makan harus teratur agar jam biologis tubuh kita tidak kacau. Ada tiga waktu makan yang tidak boleh dilewatkan, yakni: sarapan, makan siang dan makan malam.

Bagaimana cara mengatur pola makan?

  1. Makanan yang sehat adalah makanan yang enak. Gunakan rempah-rempah alami agar makanan menjadi enak. Hindari penyedap rasa yang mengandung MSG.
  2. Perbanyaklah sayur-sayuran dan lauknya, dan kurangi porsi nasinya. Dahulukan memakan sayur dan lauk. Jika masih belum kenyang boleh ditambahkan nasi sedikit. Kurangi kadar garam dan penyedap agar cara tersebut dapat dilakukan.
  3. Hindari lauk yang mengandung lemak tinggi.
  • Istirahat dan tidur yang cukup dan seimbang antara kualitas dan kuantitasnya.

Istirahat dan tidur adalah satu faktor yang harus dilakukan agar tubuh kita sehat. Harus ada keseimbangan antara kuantitas dan kualitas istirahat dan tidur yang kita lakukan. Bila kita istirahat dan tidur terlalu lama, tetapi dalam tidur kita gelisah, hal itu kurang baik bagi kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan