Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi 23: Mengapa Aku Jadi Guru?

25 November 2021   19:25 Diperbarui: 25 November 2021   19:28 703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
guru.sumber gambar: tribunnews.com

"Mengapa ibu jadi guru?" tanya bidadari kecilku kala itu
Sebuah tanya yang mengusik kalbu
Ya, mengapa aku mau menjadi guru?
mengemban tugas berat di bahu


Bukan sekedar menebar ilmu
Pun membina anak bangsa
Menjadi generasi yang berbudaya
Dan menebar kebaikan di kalbu

"Anak- anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri
Pendidik hanya dapat merawat
Dan menuntun tumbuhnya kodrat itu,"
Petuah Ki Hajar Dewantara tertanam di dada

Ya, aku ingin merawat generasi rabbani
agar berkembang akhlak putra-putri pertiwi
bersemi indah dalam taman kehidupan
menuju asa dan cita di masa depan

Aku ingin menjadi pujangga
Yang menggoreskan kisah sejarah
perjalanan hidup masa sekolah
yang penuh cerita duka dan bahagia

Aku ingin menjadi pelita
yang senantiasa memberi cahaya,
memberikan jalan yang terarah penuh amanah,
menepiskan rasa gundah dan lelah mereka

Aku bahagia jika suatu masa
Wajah- wajah yang penuh asa
Menggapai bintang- bintang di angkasa
menjalani hidup penuh suka cita

#SelamatHariGuru

Cibadak, 25 November 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun