Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

4 Manfaat Hobi bagi Penghobi

3 November 2021   21:52 Diperbarui: 3 November 2021   21:56 163 24 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
bercocoktanam.sumber:suarasurabaya

Sore ini saya sedang asyik menyiram koleksi tanaman aglaonema dengan eco enzyme. Sementara suamiku sedang membersihkan beberapa kandang burung serta memberikan makan hewan piaraannya itu. Sore ini kami asyik dengan kegiatan kami masing-masing.

Tiba-tiba muncul putri bungsuku dan berkomentar," Bunda sibuk dengan tanaman sedangkan ayah asyik memberi makan burung. Lalu apa yang harus aku kerjakan."

"Makanya punya hobi yang bermanfaat," ujar suamiku sambil tersenyum.

"Hobi itu apa sih bunda?" tanya putriku lagi. Aku tersenyum seraya menjelaskan pengertian hobi kepadanya.

Apa sih hobi itu?

 Menurut KBBI hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Dilansir dari wikipedia hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang.

 Hobi ini dipilih sesuai dengan keinginan dan minat seseorang. Hal itu berarti setiap orang memiliki hobi yang berbeda. Hobi ini tidak bisa dipaksakan kepada seseorang, contoh saya tidak bisa memaksakan hobi membaca dan menulis yang saya miliki kepada anak. 

Namun, saya mulai membiasakan anak untuk membaca dan menulis. Dari kebiasaan yang diberikan kegiatan membaca dan menulis dapat menjadi hobi, kegemaran yang dapat menyenangkan hatinya.

Tujuan dari hobi ini adalah agar seseorang memperoleh kesenangan dan ketenangan. Hobi ini tumbuh dengan sendirinya tanpa perlu pendidikan khusus. 

Kalau pun seseorang dapat menjadi ahli dalam hobinya karena dia melakukan dengan senang hati, ikhlas, terus mencoba dan berlatih sehingga hobi itu menjadi keahliannya.

Contoh Hobi Yang Bermanfaat

  • Membaca

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan