Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Enam Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Masuk Masa Puber

17 Agustus 2021   00:09 Diperbarui: 18 Agustus 2021   09:45 886 30 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi anak puber | Shutterstock via kompas.com

Kita sering mendengar ungkapan ABABIL yang sering dilontarkan banyak orang.

Ya ababil kependekan dari abege labil. Ungkapan itu kerap kita dengar saat melihat para remaja yang bersikap aneh-aneh. 

Mereka yang baru memasuki masa puber pasti akan berpolah macam-macam. Masa puber pasti dialami oleh semua orang, laki-laki atau perempuan.

Masa puber yang dialami pun akan berbeda-beda waktunya. Ada anak yang mengalami puber pada usia 10 tahun. Ada pula yang baru berusia 15 tahun baru mengalami puberitas.

Apa sebenarnya masa puber itu?

Banyak orang memaknai masa puber itu adalah masa saat seseorang mulai tertarik kepada lawan jenis. Istilah anak saya yang kini sedang puber adalah lirik-lirik coker (cowok keren).

Dalam KBBI puber itu adalah masa usia remaja. Dengan kata lain masa perubahan dari anak-anak ke remaja. Banyak perubahan yang terjadi saat anak-anak kita memasuki masa puber. Perubahan fisik, psikologis, emosional, dan cara berpikir pasti akan dialami oleh mereka.

Dari segi biologis, masa puber itu berubahnya beberapa fungsi tubuh yang tadinya belum matang menjadi matang (dari masa akil memasuki masa balig). Usia anak yang memasuki masa baligh ini berkisar antara 12 tahun sampai dengan 15 tahun.

Apakah ciri-ciri anak yang masuk masa puber?

Ciri-ciri perubahan anak-anak yang memasuki masa puber pasti berbeda=beda dilihat dari jenis kelamin dan uisa mereka saat memasuki masa puber.

Untuk anak perempuan ciri-ciri yang paling umum adalah saat mereka mulai mengalami haid. Perubahan fisik anak perempuan yang sudah puber dapat terlihat dari mulai  tulang, otot, tinggi, dan mulai membesarnya bagian payudara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan